TIPS MK: Tips Agar Laptop/PC Tidak Lelet

Tips Agar Laptop/PC Tidak Lelet

Halo, hari ini kita akan sharing sedikit pengalaman kita dalam mengatasi Laptop/PC yang sering bermasalah LELET alias lambat. Berikut beberapa alasan kenapa sebuah Laptop/PC menjadi lambat, dan perlu di hindari:

1. Kotor, Berdebu dan Panas
Selalu bersihkan Laptop/PC Anda secara rutin menggunakan kuas maupun blower (bagi PC) agar debu tidak menumpuk dan menghalangi proses pendingin yang ada pada perangkat Anda. Hindari menggunakan laptop pada permukaan tidak rata dan tidak berventilasi seperti di atas bantal atau kasur. Gunakan Cooling Pad pada laptop. Pada PC usahakan terdapat ruang ventilasi pada bagian belakang dan samping CPU agar udara dapat keluar dan masuk dengan baik.

2. Terlalu banyak antivirus dan aplikasi yang tidak Bermanfaat dan Mengandung Marware
Cukup 1 buah antivirus yang di install, tinggal pilih dari beberapa merek terkenal seperti Avira, Kaspersky, McAffee, Norton, Avast (jangan coba-coba merek yang tidak dikenal). Sebagian memiliki versi Gratisnya, di mana cukup membantu. Berikutnya berhati2lah ketika browsing, download maupun menghubungkan flashdisk/external harddisk milik orang lain ke komputer/laptop Anda.
Agar lebih lengkap proteksinya, Anda bisa memilih menggunakan Internet Security (Biasanya berbayar, sekitar 300rb Setahun). Hindari menginstall aplikasi Tidak NYATA (BOGUS/Palsu) yang menggunakan iming-iming PC Faster, Mempercepat PC, PC Clean Up, dan sebagainya. Rata-rata merupakan Spyware/Malware yang memperlambat bahkan mengharuskan Anda untuk menginstall ulang jika ingin menghilangkannya.

3. Terlalu banyak Cache dan History dari Browsing dan Storage (HDD) sudah hampir penuh
Biasanya jika kita sering browsing, terdapat banyak cache dan history yang tersimpan. Dalam kurun waktu tertentu perlu kita bersihkan agar komputer kita tidak terlalu penuh dengan file-file yang tidak digunakan. Gunakan aplikasi CCleaner untuk ini, dan Anda bisa juga melakukan Disk Defragmenter pada setiap partisi Harddisk Anda. Untuk Windows 10 tidak perlu menggunakan Disk Defragmenter lagi karena akan otomatis. Ada kalanya harddisk kita sudah hampir penuh, khususnya di Drive C tempat Windows berada, maka rata-rata aplikasi yang dijalankan pun akan melambat. Pindahkan data-data ke Harddisk External atau partisi lainnya, dan usahakan memiliki space kosong minimal sekitar 5-10 GB pada partisi Windows Anda.

Demikian tips singkat dari Maestro Komputer, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *