Brother Error Codes and its Solutions – Kode Error pada Printer Brother dan Solusinya

Be Sociable, Share!

Tentu Anda sebagai pengguna printer tidak pernah luput dari Pesan atau Kode Error pada layar display printer Anda ataupun layar komputer Anda. Entah itu kertas nyangkut, tinta habis, ataupun masalah yang lebih berat lainnya seperti print head rusak, cartridge tidak terbaca, dan lain-lain. Nah, untuk printer Brother, kami akan membagikan arti dari kode-kode error tersebut melalui artikel ini, dan semoga dapat bermanfaat dalam menanggapi masalah pada saat penggunaan printer Brother Anda. Biasanya kode-kode error tersebut di mulai dengan kata-kata seperti: unable to print XX, unable to init XX.

Tabel di atas menandakan segala kode error dan penjelasan arti dari error masing-masing. Akan kita bahas satu per satu di bawah:

  • Kode: 30,31,32,33,34,35,36,37,38,39,3C,3F
    Masalah: Paper Jam alias kertas sangkut. Bisa saja Anda sudah mengeluarkan kertas yang sangkut dan tetap menemukan kode ini, artinya masih ada sisa sobekan kertas yang tertinggal di dalam, entah itu di roller, di bawah head, ataupun di bagian belakang printer. Buka scanner cover, buka back cover, gunakan senter untuk melihat lebih teliti di sekelilingnya. Jika ada kertas sangkut, silahkan di cabut dengan hati-hati dan pelan tanpa merusak part di dalamnya. Nanti akan kami tambahkan satu artikel khusus untuk masalah paper jam. SEGERA.
  • Kode: 40,42,43,44
    Masalah: Temperatur di dalam printer terlalu tinggi, alias PANAS. Bisa saja terjadi jika Anda baru saja membawanya dari luar atau berjemur di dalam mobil Anda di siang hari, dan langsung Anda bawa ke kantor untuk print. Solusinya di buka saja cover-covernya, biarkan dingin beberapa saat, matikan dan coba kembali
  • Kode: 46
    Masalah: Tangki pembuangan tinta sudah penuh dan perlu penggantian gabus penahan tinta. Masalah ini bisa di atasi dengan reset (untuk reset, silahkan bawa unit ke Maestro Komputer, hanya sebentar pengerjaannya). Dan untuk lebih awet, absorber pad di dalamnya harus di ganti biar tidak banjir suatu hari nanti dan merusak printer.
  • Kode: 48, 4F
    Masalah: Ada masalah pada print head Anda. Antara Print head rusak, konslet, sangkut alias tidak bisa bergerak. Ketika menemui masalah ini, cukup berat, disarankan untuk bawa ke tempat servis atau toko komputer terdekat untuk di test lebih lanjut. Cara pengecekan ringkasnya yang dapat Anda lakukan di rumah; coba di buka covernya, cek di sekitar print head apakah ada yang menganggu pergerakan print head, atau apa yang terjadi sebelum error ini keluar? Dari sana bisa lebih di identifikasi kemungkinan punca masalahnya dan apa yang sebenarnya terjadi. Kemungkinan punca masalah bisa saja ketika paper jam, Anda langsung menarik kertas secara paksa yang secara tidak sengaja menggores print head, atau ada anak mata kelip yang jatuh ke dalam printer atau benda asing lainnya yang merusak print head.
  • Kode: 49
    Masalah: Temperatur di dalam printer terlalu rendah alias dingin. Hal ini jarang terjadi karena kita tinggal di negara tropis. Kecuali Anda memasukkan printer ke dalam freezer. :p
  • Kode: 50,51,52,57,5A,5B,5C,5D,5E
    Masalah: Sama halnya dengan masalah pertama di atas: Paper Jam alias kertas sangkut. Dan jika Anda menemukan kode seperti ini, ada kemungkinan tambahan masalah di sensor. Sensor rusak ataupun kotor yang menyebabkan printer tidak dapat bekerja secara normal. Masalah yang cukup rumit. Untuk menghindari adanya masalah ini, tetap jaga printer Anda agar tetap bersih dari debu. Tutup dengan kain bersih ketika tidak digunakan.
  • Kode: 8F
    Masalah: Terjadi kerusakan atau gangguan pada motor penarik kertas. Hal ini jarang terjadi, tapi bisa saja terjadi setelah penggunaan yang cukup banyak, khususnya dalam frekuensi yang tinggi. Satu lagi masalah yang cukup rumit, dan hanya bisa diselesaikan oleh tenaga ahli. Tetapi satu hints: lebih ke kebersihan secara umum. Jika printer bersih, maka printer akan jauh dari error. Kertas bisa menginggalkan sisa-sisa serbuk pada saat di tarik. Dari sana jika sudah cukup banyak, otomatis mengganggu kinerja penarik kertas.
  • Kode: A5,A6,A7,A8,AF
    Masalah: Masalah pada scanner unit. Hal ini sangat jarang terjadi. Bisa saja terjadi jika scanner rusak, konslet, kabel putus, lampu scanner rusak ataupun lainnya. Jika sudah terjadi, lebih sering solusinya di penggantian Scanner Unit.
  • Kode: E2,E3
    Masalah: Terjadi masalah pada Motherboard induk. Bisa terjadi jika ada komponen yang konslet, dan masalah lainnya seputar PCB. Dan pernah kita temui kasus ada cicak bertelur di dekat PCB printer Brother. Jadi, hati-hati lah dalam menyimpan printer Anda. Usahakan untuk menaruh di atas meja, dengan ditutupi kain bersih yang cukup besar. Dan jaga dari debu. Biasanya karena kotor, serangga, hewan-hewan kecil suka masuk ke dalam dan berpotensi merusak. Andaikan saja telur tersebut pecah dan air nya mengenai motherboard, maka akan terjadi Short alias konsleting. Ini salah satu hal yang bisa saja terjadi. Jika sudah terjadi kerusakan pada Motherboard, solusi nya adalah penggantian Motherboard.

Demikianlah penjelasan dari masing-masing kode error yang terdapat pada printer Brother. Jika ada kode yang belum di bahas di atas, bisa coba tanyakan ke kami. Terima Kasih, dan semoga dapat digunakan sebaik-baiknya untuk mengatasi Shock atau marah-marah yang gak menentu ketika printer Brother Anda menemui salah satu masalah seperti yang di bahas di atas.

Tambahan:
Error Code 49, maupun masalah paper jam, kadang kala merupakan masalah pada Maintenance Unit (paper jam), dan PCB – Motherboard (error 49). Hal ini dapat ditangani di service center Brother.

Be Sociable, Share!

150 thoughts on “Brother Error Codes and its Solutions – Kode Error pada Printer Brother dan Solusinya”

  1. M. Rizky: mungkin itu pembersih print head kalau dari namanya. Cara pakai tergantung printer. Kalau Brother tidak kami sarankan untuk diservis sendiri karena perlu trik dan pengalaman yang banyak. Dan tidak selalu berhasil juga, karena Printer Brother seri2 sebelumnya print head jika sudah tergores, tidak akan bisa terselamatkan lagi walaupun dengan cairan pembersih. Cairan ini hanya untuk membersihkan tinta yang sudah mengering di print head, supaya tinta dapat mengalir kembali.

  2. Kalo error 48, gimana ya om solusinya?
    Tanpa harus ganti PH, bisa nggak om?

    Saya pake MFC-J430W, baru 2 bulan om..

    Makasih..

  3. M. Rizky: lebih pastinya di print head. 2 bulan jika penggunaan sudah di atas 5rb lembar, kemungkinannya ada. Solusi aman di bawa ke service center untuk di cek lagi.

  4. M. Rizky: Machine Error 7E means: “No head parameters stored in the EEPROM. (This code may appear only in maintenance mode.)” It sound like you are in the maintenance mode, have you switched the main board or head in it? In that case put the country code “74” and the head number “68”, (onley for service personal) otherwise please send it to brother and we will fix it for you.

    Apa karena baru ganti print head atau motherboard? Itu masalah jika ada pergantian spare part tetapi tidak di input kodenya. Lebih aman bawa ke service center untuk di fix

  5. Di-On: Kode: 46
    Masalah: Tangki pembuangan tinta sudah penuh dan perlu penggantian gabus penahan tinta. Masalah ini bisa di atasi dengan reset (untuk reset, silahkan bawa unit ke Maestro Komputer, hanya sebentar pengerjaannya). Dan untuk lebih awet, absorber pad di dalamnya harus di ganti biar tidak banjir suatu hari nanti dan merusak printer.

    Untuk Reset, bisa sendiri, caranya? Check google. Cara Reset Printer Brother

  6. sy pny Brother MFC J 430, tp salah satutintanyag terbaca (tinta biru) disitu trlihat di display….no install..padahal dah brapa kali dicoba..dibuka…trus dipasang kembali…tetap sama….kira2 solusinya apa yaa…tlong yaa

  7. 1 cara saja, copot semua cartridge, masukin pelahan2 1 per 1 dari kiri hingga KLIK. Dan cek di layar setiap kali memasukkan 1 cartridge apakah berhasil di deteksi. Jika hanya 1 warna tersebut tidak terdeteksi, kemungkinan kerusakan pada Ink Refill IC. Ink Refill IC terletak tepat di belakang pin dudukan cartridge, biasanya terkena percikan tinta hingga tidak berfungsi maksimal.

  8. Saya mau tanya, printer dcp j140. Awalnya tinta yellow tidak terdeteksi saya coba untuk membuka semuanya lalu masukan satu persatu malah tinta cyan yg tdk terdeteksi. Saya coba lagi malah tinta black dan magenta yg tdk terdeteksi. Dan tinta yellow dan cyan bsa. Itu kenapa ya ?terimakasih gan

  9. Intan: urutannya harus benar. Masukkan dari paling kiri. Sebelumnya lepaskan semua cartridge terlebih dahulu. Dan masukkan secara perlahan-lahan, dan pastikan sudah Klik tombolnya.

  10. ruvy: Biasa masalah pada motherboard. Kalau bukan karena sensor, motherboard printer Anda kemasukan hewan yang tidak diundang, biasanya cicak atau terkena cairan. Bawa saja ke toko komputer terdekat atau ke service center utk di cek lebih lanjut.

  11. MAU TANYA NICH……saya pake brother MFC J625dw, masalahnya unable to print49, solusinya gmn yaaa??
    Haruskah ganti onderdil atau bisa di siasati??
    makasiiih

  12. sidiq: Kode: 49
    Masalah: Temperatur di dalam printer terlalu rendah alias dingin. Hal ini jarang terjadi karena kita tinggal di negara tropis. Kecuali Anda memasukkan printer ke dalam freezer.

    Biasanya karena sensor kotor, atau 1 lagi di motherboard kemasukan serangga atau cicak dan bertelur di dalam. Ini dari pengalaman yang pernah kami ketemukan. Selalunya printer mendeteksi ada cairan di motherboard, membuat sensor temperatur berbeda dan keluarlah error ini. Kemungkinan terparah, kerusakan pada motherboard.

  13. Mau tanya Mas, saya pengguna MFC-J5910DW, ketika mencetak menggunakan kertas A3 selalu jam dan keluar perintah “Unable to Print3B”. Gimana solusinya Mas?

  14. gimana cara menutup sensor brother mfc j430w, sdh saya coba berkali kali tetap tdk mau , apa bisa rusak sensornya ? gmn memperbaikinya ? mksh

  15. Eny: Bisa jadi putus kabel sensornya jika tidak bisa juga. Coba di cabut dulu cartridgenya, pakai pintu cartridge yang original untuk menutup kembali, apa sensor pintu berhasil membaca pintu tertutup? Jika berhasil, berarti cara masukkan penahan sensor tersebut belum pas.

  16. Rhoni: Apakah papernya sangkut? Pastikan susunan kertasnya sudah pas dan penahan kertas di tray sudah di set dengan rapi sesuai dengan sisi kertas A3 tersebut.

  17. saya menggunakan brother seri MFC-J430W pesan yg muncul di layar ikan ke to init 49 see troubleshooting in user’ s guide, dahulu dari awal beli (1,5th) pesan tersebut muncul tapi tdk terlalu sering, akhir2 ini selalu muncul bahkan dlm 1 mgu ini print saya tdk dpt di gunakan pesannya selalu muncul, saya dah coba hub-in customer nya, katanya harus ganti cartridge nya, hanya lumayan (850rb) apakah memang hrs seperti itu, atau ada solusi lain, tlg info nya, trims

  18. Anavi: unable to clean 50 berarti bisa jadi di maintenance unit kotor, atau ada yang mengganjal pergerakan print head, di mana proses cleaning tidak dapat berjalan. 1 hal saja, kalau printer sangat kotor dan penuh debu, bisa jadi ini masalah utamanya, dan bisa ada sobekan kertas, paper clip, dan lain-lain yang masuk ke dalam.

  19. Harliawan: Lebih ke sensor. Masalah sensor. Bisa kemasukan serangga, dan lain-lain. Caranya harus di buka semua, bersihkan keseluruhan, dan di check motherboard, dan tempat-tempat sensitif lainnya akan benda asing seperti kertas, paper clip, telur cicak, dll.

  20. Admin, mohon solusinya
    saya punya brother mfc-j430w dua
    1. Unit normal
    2. Error pd sensor catrd (tidak baca catrid hitam)
    untuk unit 2 saya coba compare sensor catrd pada unit 1, dan alhasil fix problem, tetapi itu saya coba tanpa memasang scenner setelah saya pasang scenner unit errorAF, udh saya cek cis motor, cis flat cable masih error & saya compare scanner unit 1 masih sama error AF. Mohon pencerahannya Admin

  21. misi om, saya baru beli printer brother mfc-j200, pas mau nginstal malah ga bisa, muncul tulisan DIFXDriverPackageInstall Error = 13

    gimana ngatasin nya ya om?

  22. Aden: Error AF apa? Kalau masalah baru timbul pada saat pasang scanner unit, bisa jadi di scanner ada yang lepas bagian dalamnya, atau kabel tidak terpasang dengan sempurna. Kalau Ink Refill IC di compare, dan berhasil, berarti kerusakan awal itu memang di Ink Refill IC.

  23. Deydee: Ada satu solusi di internet: the problem was fixed by unencrypting my temporary files directory (just enter %TEMP% in Windows explorer or navigate to C:\Users\\AppData\Local\Temp – this is the directory that you will have to decrypt.

  24. unable to clean 50 , itu kenapa ya om? sering banget muncul seperti itu… saya memakai printer brother dcp-j125, kdang angka 50 nya berubah jadi 5a, printernya jadi gak bisa dibuat ngeprint.. gmna ya om solusinya?

  25. Permisi Bos mo nanya. Kenapa printer Brother MFC-J5910DW punya kantor selesai ngeprint 15 lbr minta di cleaning kalo gak hasilnya jelek. Makasih

  26. hai salam kenal,,,, kalo saya merknya mfc-j6710dw beberapa bulan kemarin udah pernah eror unable to clean 52 trus ngga dipake 2 bulan pas mau di bawa ketempat servis, di coba uda jadi,,, tpi kini stelah 3 bulan di pake muncul lagi masalah yang sama,,,, gmana yach solusinya???? mohon bantuannya…

  27. jho: Biasa unable to clean itu karena maintenance unit kotor. Bisa jadi waktu itu belum begitu kotor, dan tinta mulai mengering. Tetap bawa ke Service Center untuk diperbaiki.

  28. Yogi: Tergantung pemakaian, apakah setiap hari cetak 15 lembar saja? Atau dalam 1 hari bisa mencetak 30 atau lebih, kemudian tidak digunakan lagi selama 1 minggu atau lebih? Bisa saja tintanya tidak begitu bagus dan tidak cocok. Bisa juga karena pakainya hanya 1x mencetak jumlah banyak; kemudian tidak digunakan lagi, perlu di lakukan Cleaning.

  29. Nazila: Di artikel ini sudah dengan sangat jelas di tuliskan Error 50 atau 5A itu apa masalahnya. Paper Jam atau sensor kotor.

  30. hallo gan, mohon bantuanny. aq pke MFC-J200. mau pasang katrit portableny tp kesulitan;
    – Cannot detect, reinstall slowly
    – cara memasang tutup sensor
    tlng boss, dah pusing nih utak atik g berhasil.
    thanks a lot

  31. error 44,, ktnya suhunya tinggi, pdhl dalam ruangan ber AC dan beberapa hari tidak dipakai,, dibawa ke tempat servis ktnya catridgenya hbs masanya,, sd diganti dgn yg ori, bisa ngeprint 3 lembar habis itu muncul lagi errror 44,, gmana solusinya ???

  32. kerusakan pada Ink Refill IC. Ink Refill IC terletak tepat di belakang pin dudukan cartridge, biasanya terkena percikan tinta hingga tidak berfungsi maksimal.

    kalau ganti IC nya beli dimana ya
    mohon sarannya

  33. dedi: Kalau soal suhu, lebih sering kita temukan masalah pada motherboard. Biasanya ada kemasukan serangga atau hewan. Pernah kita temukan adanya telur cicak di motherboard, ataupun cairan-cairan dari serangga pada motherboard. Sehingga mengakibatkan sensor pada motherboard mendeteksi dan mengeluarkan error tersebut. Coba di cek kembali isi printernya. Dan saran kami coba di bersihkan juga seluruh nya dengan blower, beberapa bagian perlu di lap dengan kain bersih.

  34. Tomy: Cannot detect itu cartridge harus di pasang dengan perlahan hingga KLIK. Lepas semua cartridge, masukkan 1 per 1 dari warna paling kiri. Diteruskan jika di layar tertulis Please Insert …. Color. Ikuti saja perintah di layar, Anda pasti bisa. Untuk tutup sensor, Bentuk seperti sabit, itu diselipkan tepat di sisi pintu yang ada lobangnya di bagian sedikit ke bawah.

  35. Syarif: Sebaiknya juga disebutkan tipe printernya. Di google, 7A bisa terjadi masalah pada motor, maupun motherboard yang tidak synchron. Kalau sudah hingga motherboard dan motor, sebaiknya di bawa ke service center.

  36. Essa: Tergantung tipe, kita harus cek stock. Pastinya ada di Service Center Brother langsung.

  37. mau nanya…master

    gimana cara memperbaiki layar /display printer brother mfc 9330…. tidak tampil atau hilang.

  38. Rudista: Layar tidak tampil, bisa jadi layar rusak, kabel putus, dan macam-macam. Biasa kita tinggal ganti partsnya saja.

  39. bagaimana cara solusi mengatasi tinta tidak terbaca (Black ink ) pada printer brother MFC J5910 DW.

  40. fajri: Kalau hanya tidak baca karena pemasangan tidak tepat, cukup di pastikan tinta terisi penuh, dicabut semua cartridge, masukan 1 per 1 hingga KLIK dan ikuti tahapnya di layar. Kalau tidak baca juga, kemungkinan Ink Refill IC mengalami kerusakan. Harus ada pengantian spare part.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>