Brother Error Codes and its Solutions – Kode Error pada Printer Brother dan Solusinya

Be Sociable, Share!

Tentu Anda sebagai pengguna printer tidak pernah luput dari Pesan atau Kode Error pada layar display printer Anda ataupun layar komputer Anda. Entah itu kertas nyangkut, tinta habis, ataupun masalah yang lebih berat lainnya seperti print head rusak, cartridge tidak terbaca, dan lain-lain. Nah, untuk printer Brother, kami akan membagikan arti dari kode-kode error tersebut melalui artikel ini, dan semoga dapat bermanfaat dalam menanggapi masalah pada saat penggunaan printer Brother Anda. Biasanya kode-kode error tersebut di mulai dengan kata-kata seperti: unable to print XX, unable to init XX.

Tabel di atas menandakan segala kode error dan penjelasan arti dari error masing-masing. Akan kita bahas satu per satu di bawah:

  • Kode: 30,31,32,33,34,35,36,37,38,39,3C,3F
    Masalah: Paper Jam alias kertas sangkut. Bisa saja Anda sudah mengeluarkan kertas yang sangkut dan tetap menemukan kode ini, artinya masih ada sisa sobekan kertas yang tertinggal di dalam, entah itu di roller, di bawah head, ataupun di bagian belakang printer. Buka scanner cover, buka back cover, gunakan senter untuk melihat lebih teliti di sekelilingnya. Jika ada kertas sangkut, silahkan di cabut dengan hati-hati dan pelan tanpa merusak part di dalamnya. Nanti akan kami tambahkan satu artikel khusus untuk masalah paper jam. SEGERA.
  • Kode: 40,42,43,44
    Masalah: Temperatur di dalam printer terlalu tinggi, alias PANAS. Bisa saja terjadi jika Anda baru saja membawanya dari luar atau berjemur di dalam mobil Anda di siang hari, dan langsung Anda bawa ke kantor untuk print. Solusinya di buka saja cover-covernya, biarkan dingin beberapa saat, matikan dan coba kembali
  • Kode: 46
    Masalah: Tangki pembuangan tinta sudah penuh dan perlu penggantian gabus penahan tinta. Masalah ini bisa di atasi dengan reset (untuk reset, silahkan bawa unit ke Maestro Komputer, hanya sebentar pengerjaannya). Dan untuk lebih awet, absorber pad di dalamnya harus di ganti biar tidak banjir suatu hari nanti dan merusak printer.
  • Kode: 48, 4F
    Masalah: Ada masalah pada print head Anda. Antara Print head rusak, konslet, sangkut alias tidak bisa bergerak. Ketika menemui masalah ini, cukup berat, disarankan untuk bawa ke tempat servis atau toko komputer terdekat untuk di test lebih lanjut. Cara pengecekan ringkasnya yang dapat Anda lakukan di rumah; coba di buka covernya, cek di sekitar print head apakah ada yang menganggu pergerakan print head, atau apa yang terjadi sebelum error ini keluar? Dari sana bisa lebih di identifikasi kemungkinan punca masalahnya dan apa yang sebenarnya terjadi. Kemungkinan punca masalah bisa saja ketika paper jam, Anda langsung menarik kertas secara paksa yang secara tidak sengaja menggores print head, atau ada anak mata kelip yang jatuh ke dalam printer atau benda asing lainnya yang merusak print head.
  • Kode: 49
    Masalah: Temperatur di dalam printer terlalu rendah alias dingin. Hal ini jarang terjadi karena kita tinggal di negara tropis. Kecuali Anda memasukkan printer ke dalam freezer. :p
  • Kode: 50,51,52,57,5A,5B,5C,5D,5E
    Masalah: Sama halnya dengan masalah pertama di atas: Paper Jam alias kertas sangkut. Dan jika Anda menemukan kode seperti ini, ada kemungkinan tambahan masalah di sensor. Sensor rusak ataupun kotor yang menyebabkan printer tidak dapat bekerja secara normal. Masalah yang cukup rumit. Untuk menghindari adanya masalah ini, tetap jaga printer Anda agar tetap bersih dari debu. Tutup dengan kain bersih ketika tidak digunakan.
  • Kode: 8F
    Masalah: Terjadi kerusakan atau gangguan pada motor penarik kertas. Hal ini jarang terjadi, tapi bisa saja terjadi setelah penggunaan yang cukup banyak, khususnya dalam frekuensi yang tinggi. Satu lagi masalah yang cukup rumit, dan hanya bisa diselesaikan oleh tenaga ahli. Tetapi satu hints: lebih ke kebersihan secara umum. Jika printer bersih, maka printer akan jauh dari error. Kertas bisa menginggalkan sisa-sisa serbuk pada saat di tarik. Dari sana jika sudah cukup banyak, otomatis mengganggu kinerja penarik kertas.
  • Kode: A5,A6,A7,A8,AF
    Masalah: Masalah pada scanner unit. Hal ini sangat jarang terjadi. Bisa saja terjadi jika scanner rusak, konslet, kabel putus, lampu scanner rusak ataupun lainnya. Jika sudah terjadi, lebih sering solusinya di penggantian Scanner Unit.
  • Kode: E2,E3
    Masalah: Terjadi masalah pada Motherboard induk. Bisa terjadi jika ada komponen yang konslet, dan masalah lainnya seputar PCB. Dan pernah kita temui kasus ada cicak bertelur di dekat PCB printer Brother. Jadi, hati-hati lah dalam menyimpan printer Anda. Usahakan untuk menaruh di atas meja, dengan ditutupi kain bersih yang cukup besar. Dan jaga dari debu. Biasanya karena kotor, serangga, hewan-hewan kecil suka masuk ke dalam dan berpotensi merusak. Andaikan saja telur tersebut pecah dan air nya mengenai motherboard, maka akan terjadi Short alias konsleting. Ini salah satu hal yang bisa saja terjadi. Jika sudah terjadi kerusakan pada Motherboard, solusi nya adalah penggantian Motherboard.

Demikianlah penjelasan dari masing-masing kode error yang terdapat pada printer Brother. Jika ada kode yang belum di bahas di atas, bisa coba tanyakan ke kami. Terima Kasih, dan semoga dapat digunakan sebaik-baiknya untuk mengatasi Shock atau marah-marah yang gak menentu ketika printer Brother Anda menemui salah satu masalah seperti yang di bahas di atas.

Tambahan:
Error Code 49, maupun masalah paper jam, kadang kala merupakan masalah pada Maintenance Unit (paper jam), dan PCB – Motherboard (error 49). Hal ini dapat ditangani di service center Brother.

Be Sociable, Share!

108 thoughts on “Brother Error Codes and its Solutions – Kode Error pada Printer Brother dan Solusinya”

  1. M. Rizky: mungkin itu pembersih print head kalau dari namanya. Cara pakai tergantung printer. Kalau Brother tidak kami sarankan untuk diservis sendiri karena perlu trik dan pengalaman yang banyak. Dan tidak selalu berhasil juga, karena Printer Brother seri2 sebelumnya print head jika sudah tergores, tidak akan bisa terselamatkan lagi walaupun dengan cairan pembersih. Cairan ini hanya untuk membersihkan tinta yang sudah mengering di print head, supaya tinta dapat mengalir kembali.

  2. Kalo error 48, gimana ya om solusinya?
    Tanpa harus ganti PH, bisa nggak om?

    Saya pake MFC-J430W, baru 2 bulan om..

    Makasih..

  3. M. Rizky: lebih pastinya di print head. 2 bulan jika penggunaan sudah di atas 5rb lembar, kemungkinannya ada. Solusi aman di bawa ke service center untuk di cek lagi.

  4. M. Rizky: Machine Error 7E means: “No head parameters stored in the EEPROM. (This code may appear only in maintenance mode.)” It sound like you are in the maintenance mode, have you switched the main board or head in it? In that case put the country code “74” and the head number “68”, (onley for service personal) otherwise please send it to brother and we will fix it for you.

    Apa karena baru ganti print head atau motherboard? Itu masalah jika ada pergantian spare part tetapi tidak di input kodenya. Lebih aman bawa ke service center untuk di fix

  5. Di-On: Kode: 46
    Masalah: Tangki pembuangan tinta sudah penuh dan perlu penggantian gabus penahan tinta. Masalah ini bisa di atasi dengan reset (untuk reset, silahkan bawa unit ke Maestro Komputer, hanya sebentar pengerjaannya). Dan untuk lebih awet, absorber pad di dalamnya harus di ganti biar tidak banjir suatu hari nanti dan merusak printer.

    Untuk Reset, bisa sendiri, caranya? Check google. Cara Reset Printer Brother

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>