Brother Error Codes and its Solutions – Kode Error pada Printer Brother dan Solusinya

Be Sociable, Share!

Tentu Anda sebagai pengguna printer tidak pernah luput dari Pesan atau Kode Error pada layar display printer Anda ataupun layar komputer Anda. Entah itu kertas nyangkut, tinta habis, ataupun masalah yang lebih berat lainnya seperti print head rusak, cartridge tidak terbaca, dan lain-lain. Nah, untuk printer Brother, kami akan membagikan arti dari kode-kode error tersebut melalui artikel ini, dan semoga dapat bermanfaat dalam menanggapi masalah pada saat penggunaan printer Brother Anda. Biasanya kode-kode error tersebut di mulai dengan kata-kata seperti: unable to print XX, unable to init XX.

Tabel di atas menandakan segala kode error dan penjelasan arti dari error masing-masing. Akan kita bahas satu per satu di bawah:

  • Kode: 30,31,32,33,34,35,36,37,38,39,3C,3F
    Masalah: Paper Jam alias kertas sangkut. Bisa saja Anda sudah mengeluarkan kertas yang sangkut dan tetap menemukan kode ini, artinya masih ada sisa sobekan kertas yang tertinggal di dalam, entah itu di roller, di bawah head, ataupun di bagian belakang printer. Buka scanner cover, buka back cover, gunakan senter untuk melihat lebih teliti di sekelilingnya. Jika ada kertas sangkut, silahkan di cabut dengan hati-hati dan pelan tanpa merusak part di dalamnya. Nanti akan kami tambahkan satu artikel khusus untuk masalah paper jam. SEGERA.
  • Kode: 40,42,43,44
    Masalah: Temperatur di dalam printer terlalu tinggi, alias PANAS. Bisa saja terjadi jika Anda baru saja membawanya dari luar atau berjemur di dalam mobil Anda di siang hari, dan langsung Anda bawa ke kantor untuk print. Solusinya di buka saja cover-covernya, biarkan dingin beberapa saat, matikan dan coba kembali
  • Kode: 46
    Masalah: Tangki pembuangan tinta sudah penuh dan perlu penggantian gabus penahan tinta. Masalah ini bisa di atasi dengan reset (untuk reset, silahkan bawa unit ke Maestro Komputer, hanya sebentar pengerjaannya). Dan untuk lebih awet, absorber pad di dalamnya harus di ganti biar tidak banjir suatu hari nanti dan merusak printer.
  • Kode: 48, 4F
    Masalah: Ada masalah pada print head Anda. Antara Print head rusak, konslet, sangkut alias tidak bisa bergerak. Ketika menemui masalah ini, cukup berat, disarankan untuk bawa ke tempat servis atau toko komputer terdekat untuk di test lebih lanjut. Cara pengecekan ringkasnya yang dapat Anda lakukan di rumah; coba di buka covernya, cek di sekitar print head apakah ada yang menganggu pergerakan print head, atau apa yang terjadi sebelum error ini keluar? Dari sana bisa lebih di identifikasi kemungkinan punca masalahnya dan apa yang sebenarnya terjadi. Kemungkinan punca masalah bisa saja ketika paper jam, Anda langsung menarik kertas secara paksa yang secara tidak sengaja menggores print head, atau ada anak mata kelip yang jatuh ke dalam printer atau benda asing lainnya yang merusak print head.
  • Kode: 49
    Masalah: Temperatur di dalam printer terlalu rendah alias dingin. Hal ini jarang terjadi karena kita tinggal di negara tropis. Kecuali Anda memasukkan printer ke dalam freezer. :p
  • Kode: 50,51,52,57,5A,5B,5C,5D,5E
    Masalah: Sama halnya dengan masalah pertama di atas: Paper Jam alias kertas sangkut. Dan jika Anda menemukan kode seperti ini, ada kemungkinan tambahan masalah di sensor. Sensor rusak ataupun kotor yang menyebabkan printer tidak dapat bekerja secara normal. Masalah yang cukup rumit. Untuk menghindari adanya masalah ini, tetap jaga printer Anda agar tetap bersih dari debu. Tutup dengan kain bersih ketika tidak digunakan.
  • Kode: 8F
    Masalah: Terjadi kerusakan atau gangguan pada motor penarik kertas. Hal ini jarang terjadi, tapi bisa saja terjadi setelah penggunaan yang cukup banyak, khususnya dalam frekuensi yang tinggi. Satu lagi masalah yang cukup rumit, dan hanya bisa diselesaikan oleh tenaga ahli. Tetapi satu hints: lebih ke kebersihan secara umum. Jika printer bersih, maka printer akan jauh dari error. Kertas bisa menginggalkan sisa-sisa serbuk pada saat di tarik. Dari sana jika sudah cukup banyak, otomatis mengganggu kinerja penarik kertas.
  • Kode: A5,A6,A7,A8,AF
    Masalah: Masalah pada scanner unit. Hal ini sangat jarang terjadi. Bisa saja terjadi jika scanner rusak, konslet, kabel putus, lampu scanner rusak ataupun lainnya. Jika sudah terjadi, lebih sering solusinya di penggantian Scanner Unit.
  • Kode: E2,E3
    Masalah: Terjadi masalah pada Motherboard induk. Bisa terjadi jika ada komponen yang konslet, dan masalah lainnya seputar PCB. Dan pernah kita temui kasus ada cicak bertelur di dekat PCB printer Brother. Jadi, hati-hati lah dalam menyimpan printer Anda. Usahakan untuk menaruh di atas meja, dengan ditutupi kain bersih yang cukup besar. Dan jaga dari debu. Biasanya karena kotor, serangga, hewan-hewan kecil suka masuk ke dalam dan berpotensi merusak. Andaikan saja telur tersebut pecah dan air nya mengenai motherboard, maka akan terjadi Short alias konsleting. Ini salah satu hal yang bisa saja terjadi. Jika sudah terjadi kerusakan pada Motherboard, solusi nya adalah penggantian Motherboard.

Demikianlah penjelasan dari masing-masing kode error yang terdapat pada printer Brother. Jika ada kode yang belum di bahas di atas, bisa coba tanyakan ke kami. Terima Kasih, dan semoga dapat digunakan sebaik-baiknya untuk mengatasi Shock atau marah-marah yang gak menentu ketika printer Brother Anda menemui salah satu masalah seperti yang di bahas di atas.

Tambahan:
Error Code 49, maupun masalah paper jam, kadang kala merupakan masalah pada Maintenance Unit (paper jam), dan PCB – Motherboard (error 49). Hal ini dapat ditangani di service center Brother.

Be Sociable, Share!

98 thoughts on “Brother Error Codes and its Solutions – Kode Error pada Printer Brother dan Solusinya”

  1. Gan mau nanya,
    Printer saya DCP-J725DW. Tiba-tiba muncul kode error 79 Unable to clean. Sempat tanya ke tempat beli katanya musti ganti maintenance seharga 450 ribu. Apa memang seperti itu …………..

  2. Error 49 kan artinya temperatur printer terlalu rendah… Apakah harus d jemur aja d bawah sinar matahari biar hangat??? Soalnya printerku juga terus error 49. Mohon solusinya

  3. Nasuha: Tidak juga, suhu ruangan sebenarnya sudah normal. Coba saja di biarkan dulu beberapa jam dengan kondisi printer terbuka. Kalau sama saja, berarti masalah pada sensor ataupun motherboard.

  4. awalsyah: Unable to clean biasa memang lebih ke maintenance unit yaitu unit dudukan print head yang bekerja menyedot tinta pada saat start maupun cleaning. Jika sering melakukan print head cleaning, maupun maintenance unit sudah sangat kotor dengan tinta, biasanya error begini terjadi. Apa lagi jika penggunaan sudah cukup banyak, misalnya 5rb – 10rb lembar.

  5. Jika error 79 apa memang harus diganti maintenance nya (maaf ngga ada pict) alat itu berupa gir dan beberapa selang……………………

    apa ngga ada sistem resetter seperti canon…………..

  6. awalsyah: ya, memang harus di ganti. Karena maintenancenya sudah kotor sekali biasanya. Biasanya kita bisa lihat dari jumlah pengunaannya. Reset hanya untuk tangki. Tidak ada reset untuk maintenance, karena maintenance unit merupakan unit bergerak yang bekerja menyedot tinta maupun pergerakan print head. Lebih seperti pompa bensin motor/mobil. Kalau sudah tersumbat atau kotor, harus di ganti.

  7. Okey Makasih atas jawabannya.

    Saya rencana mau bongkar ini printer Brother DCP-J725DW. Mau bersihkan headnya denga tutorial yg ada di YOUTUBE. Apakah bisa orang awam seperti sy bongkar ni printer, n apa ngga menyebabkan trouble lain.
    Makasih sebelumnya

  8. awalsyah: jika ada pengalaman bongkar pasang printer atau laptop atau cpu, masih bisa. Tetapi jangan sampai ada yang terlupa, tertinggal, atau terbalik. Jadi memang butuh konsentrasi dan pengalaman untuk bisa membongkar printer. Pembersihan print head dengan melepaskan head dari printer sudah pernah kami coba, dan tidak 100% berhasil. Karena kita perlu analisa dulu penggunaannya. Sudah berapa banyak penggunaan, dapat di cek di customer settings info, misalnya printer ini sudah Anda gunakan 5 bulan, total 8000 lembar, dan hasil test print sudah sama sekali kosong (1 warna atau lebih), itu sudah tidak ada harapan lagi. Karena kemungkinan besar print head rusak sudah besar. Kecuali hasil test print tidak sempurna, hanya 1-2 kotak yang kosong atau tidak penuh, dan pengunaan baru sekitar 2000 lembar, mungkin masih ada harapan.

  9. joni: Bisa gak sabar? Kalau urgent, cek contact us di web. Jangan kirim komentar yg sama berturut2. Karena akan jadi Spam. Kita tidak menjual HDD 2nd. Hanya ada yang baru. Lokasi Anda di mana?

  10. gan printer brother dcp-j125 selalu muncul warning INK ABSORBER FULL
    see troubleshooting in user’s guide. solusinya gmana ya gan soalnya bingung… Printer ini sering di cleaning

  11. dian: Reset tangki menggunakan maintenance mode. Untuk caranya tidak dapat kita infokan di sini, jika Anda di Dumai, cukup bawa ke toko kami, akan kami reset langsung. Dan ada baiknya untuk mengecek gabus pembuangannya, jika sudah basah dan banjir, maka perlu di ganti segera untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan seperti banjir dan tinta menyebar ke mana-mana.

  12. min tolong bantu Brother DCP 150C saya No cartridge terus… cartridge nya ga kebaca padahal tinta masih setengah. dicoba pake cartridge original tetep ga bisa, pake yang replika tetep aja. dicoba copot-pasang lagi belum bisa jg. terimakasih

  13. jay: kerusakan pada Ink Refill IC. Biasanya karena tinta bocor yang mengenai papan Ink Refill IC yang tepat berada di belakang colokan cartridge. Kirim ke Service Center untuk diperbaiki dan ganti Ink Refill IC nya.

  14. erika: Jelas = Toner Habis. Isi ulang / ganti toner dengan toner yang baru. Bisa isi ulang / beli di toko komputer terdekat.

  15. Tidak ada kode 7A, melainkan A7 kemungkinan yang Anda maksud.

    Masalah pada scanner unit. Hal ini sangat jarang terjadi. Bisa saja terjadi jika scanner rusak, konslet, kabel putus, lampu scanner rusak ataupun lainnya. Jika sudah terjadi, lebih sering solusinya di penggantian Scanner Unit

  16. saya baru beli printer brother type DCP-J140W,
    di monitor tinta tdk conect, udh saya perbaikin secara manual tidak bisa jg, tetap tidak conect, udah saya coba perbaikin tetap tidak bisa, muncul tanda seru, admint apa penyebab masalah ini? tp satu (1 ) tinta aja yg tidak conect yaitu warana hitam, minta solusinya donk?

  17. Fredy: Cartridge hitam original atau infus? coba cartridge hitamnya di putar2 dulu supaya tintanya rata, dan pasang kembali PERLAHAN-LAHAN. Pastikan tinta warna lain di cabut dulu, karena HARUS di masukkan 1 per 1 dari paling kiri. Dan ikuti perintah di layar, jangan dipaksakan masuk sekaligus bersamaan.

  18. Admin saya mo tanya,printer sya brother J430 tinta Ÿng hitam masih penuh tpi dilayar Ūd̲̅åђ hbis,trus saat cleaning warna hitam trputus tidak sperti wrna yg lainnya.. Mohon pencerahannya admin

  19. meymey: Pakai infus atau tidak? Mohon di terakan dengan jelas. Kalau infus, di cek di tangki hitam tintanya berapa banyak, di cabut, dan pasang kembali.

  20. wahyu: BACA artikelnya di atas yah. Error 50 ada di tera di atas. Paper Jam atau masalah pada sensor. Cek ada sisa sobekan kertas atau yang menyangkut di dalam printer, atau kalau sudah gak ada, masalah pada sensor. Bawa ke service center terdekat untuk di cek.

  21. obuy: sebenarnya simple saja kalau tahu caranya. Setiap masalah pasti ada solusinya. Jika Anda di Dumai-Riau, bawa saja ke tempat kita, kita carikan solusinya.

  22. min, printer brother yang mfc-220, beberapa hari lalu unable to prin 49 sehingga saya cabut, namun untuk scan masih normal, kemudian ketika saya nyalakan lagi unable to init 49, tapi masih dipakai untuk scan saja. kemudian hari ini jadi unable to init 48, padahal sebelumnya sudah pernah ganti head, ini denagn head yang baru, baru dipakai sekitar 3 bulanan. trus dipakai fax hasil di tempat tujuan blank, padahal untuk scan biasa bisa. itu kenapa ya min ??? tolong di bantu, tq b4 ya

  23. min, mau tanya lagi
    saya juga punya j-140w, kemarin setelah prin sebanyak 60.000an ada masalah paperjam, trus kry salah penanganan, dan muncul unable to init 48 dan akhirnya ganti head baru di teknisi brother padahal, terakhir dipakai chek nozle masih lengkap. setelah ganti head baru (baru1 minggu), terjadi paperjam lagi, tp penanganan kry sy kurang tuntas sehingga masih ada kerja bersisa, setelah di coba perbaiki sendiri, tinta warna keluar sempurna tanpa bolong2. tapi tinta hitam tidak keluar sama sekali, sudah ditangani oleh teknisi brother, tinta hitam tidak keluar juga. itu masalah apa min, apa masih bisa di atasi, bagaimana caranya? terimakasih bgt atas jawabannya.

  24. hetti: saya jawab sekali 2 aja yah, karena sama masalahnya, lebih kurang di sensor dan maintenance unit. Salah satu error kalau paper jam, bisa saja kerusakan pada sensor. Terutama jika sudah print 60,000 lembar, printer tentunya sudah kotor sekali bagian dalamnya, khususnya pada maintenance unit. Biasanya, kalau penggunaan sudah 60,000 lembar dan kondisi dalam printer sudah sangat kotor, kita tidak akan sarankan untuk mengganti head maupun maintenance unit. Karena kedua unit tersebut sudah lebih dari 1 juta untuk pengantiannya. Dan pastinya, penggunaan 60,000 lembar sudah di batas normal untuk sebuah printer inkjet. Dan mungkin juga setelah pengantian part, masalah lainnya dapat muncul kembali, seperti penarik kertas atau yang lainnya. Demikian pendapat dari kami.

  25. gan, mau tanya kok printerku brother dcp-j140w kok waktu aku klik scan pada printer, kok gk mau nyecan ya. kira” itu knpa ya gan. makasih

  26. Ralph: ada pesan yang keluar di layar? Harus tahu dulu apa pesannya. Kalau tidak ada respons di layar sama sekali, mungkin tombol rusak?

  27. printer sya brother DCP-J125 , ada problem 4f. jika memang rusak pada headnya kira-kira kl mengganti bianya sampai berapa ya? trimakasih

  28. saya mempunyai masalah kod 4F (unable to print), saya sudah check kat head tak da papa. Kenapa ya

  29. luqman: kalau tidak apa apa2 di head, tetap 4F sudah di vonis masalah pada print head. Arus tinggi, atau head sudah tidak bisa berfungsi. Utk verifikasi tinggal bawa ke service center. penggantian head kisaran 600rb.

  30. kebo: unable to clean masalah pada print head ataupun Maintenance unit. Muncul pada saat mau print, atau pada saat hidup pertama kali.

  31. slmat pagi min.
    mau tny nih, pprinter sya brother mfc j430w. gk bisa d apa2in lagi. d situ tertulis unable to init43. sya cri tau kata nya tmperatur tinggi dan udah saya bongkar biar dingin lgi. tp udah 2 hari blm juga normal. gimana tu min. mohon pncerahan ny.
    sya mngharapkan admin bsa mnghubungi atau sms k no sya 085385167356.
    trmksih byk :)

  32. Khadir Saputra: Unable to Init, selain temperatur, masalah pada start up tidak bisa di initialise. Init = initialize = start. Seolah mau hidupkan mesin mobil tapi gak mau hidup, ada yang sangkut. Antara print head / maintenance unit.

  33. Admin Kalo Printer Brother Seri MFC-j205w Terdapat Error “Unable to Init E3″ Emang Sudah Divonis Rusak Motherboardnya atau ada hal lain? Untuk Perbaikan kisaran berapa yah?

  34. Fary pratama: Kalau sudah dengan tulisan Unable to Init, itu printer tidak bisa start dengan normal. Rusak motherboard/head/maintenance. Antara 3 ini saja biasanya. Perbaikan belum bisa dipastikan kalau tidak di test 1 per 1. Bisa coba ke service center Brother.

  35. Saya pake brother DCP 7065 DN skrg lg ngadat neh unable to print EF turn off power dst… Sdh di matiin berakali kali masih gitu aja,,, solusinya gmn ya say… º°˚м̲̣̣̥ƌ̲̣̣̣̥к̲̣̣̥Ώ̶̲̣̣̥S̤̥̈̊ɪ̣̝̇н̲̣̣̣̥˚°º

  36. Lutfi: Error EF = masalah pada power supply atau Main PCB – Motherboard. Hal ini terjadi karena biasanya terjadi lonjakan arus yang mengakibatkan rusaknya power supply ataupun motherboard. Kemungkinan paling besar terjadi jika Anda menggunakan GENSET/generator untuk pasokan listrik. Atau bisa juga terjadi pada saat terjadinya petir, maupun pemadaman listrik. Solusi terbaik adalah membawa ke service center untuk di ganti salah satu komponen yang rusak tersebut.

  37. dcp j 125, eror AF dan close ink cover. cara mengatasinya gmn gan ? oh ya sebelum terjdi err0r AF, pada printhead terdpt potongan kertas nyangkut di printhead dan sensor timing disk kena tinta, saya ud coba ganti timing disk punya j430w tp terjadi eror AF dan close ink cover. hlep me. thanks

  38. AF = Masalah scanner. Close ink cover ya penutup pintu tempat cartridge donk, itu yang paling umum penyangganya belum pas mengenai sensor pintu.

  39. benar gan, scanner tdk berfungsi dgn baik, scannernya tdk bisa bergerak, bunyinya kreeeekk2222 aja teyus gan…sya ud bongkar abis tp gak ada apa2…kreeekk222 aja melulu. kira2 gmn ya cara ngatasinya?? admin help me. thanks

  40. mardiassafri: jika temperatur ruangan tempat printer diletakan normal, maka tidak ada solusi selain mengirim ke service center. kemungkinan terjadi kerusakan pada sensor ataupun motherboard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>