Tips: Hati-Hati Memilih Tinta Untuk Printer Anda


Image Source: abduzeedo.com

Sekarang ini tinta isi ulang baik itu dalam bentuk suntikan ke cartridge atau isi ulang untuk tabung infus, sudah sangat banyak di pasaran. Puluhan ataupun ratusan merek yang dapat kita temukan. Ada tinta dari China, Amerika, Mexico, Korea, Indonesia sendiri, dan dari mana saja. Ada merek Printech, e-Print, Aiflo, Dataprint, Blueprint, Durabright, Inktec, dan lain-lain. Dari sekian banyak merek, bagaimana memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak merusak printer serta hasil print Anda?

Rata-rata merek menyatakan hasilnya bagus, dan tidak merusak printer. Ada yang mahal, ada yang murah, ada yang harganya super murah sekali.

[ad name=”square1″]

Dari pengalaman kami menjual printer dan tinta isi ulang selama 4 tahun sampai saat artikel ini di muat, kami sudah mencoba berbagai macam merek, gonta ganti merek, dan terdapat beberapa yang ternyata lebih awet dan tidak sering macet. Kenapa demikian? Karena sebagian produsen tinta memiliki takaran ketebalan tinta masing-masing, dan jika terjadi kesalahan takaran, maka dapat lebih mudah merusak printer (cartridge/print head).

Masing-masing merek Printer seperti Canon, Epson, HP dan Brother memiliki tingkat ketebalan tinta yang berbeda. Jadi, jangan pernah mencampur tinta Anda ataupun menggunakan tinta untuk printer Epson misalnya di printer Canon Anda. Jadi, sudah tersedia khusus tinta-tinta untuk masing-masing merek printer yang ada di pasaran sekarang. Dan di Maestro Komputer sendiri, tinta isi ulang yang kami tawari sudah teruji dan tidak mudah membuat head tersumbat. Terdapat beberapa kategori harga tinta, tinta bagus dan umum di kisaran Rp. 15.000 per botol 100ml, tinta Branded di kisaran Rp. 30.000 per botol 100ml, sampai ada yang Premium (Saat ini tersedia hanya untuk Brother) di kisaran Rp. 75.000. Tinta yang kita bicarakan saat ini merupakan tipe tinta Dye, yang paling standard digunakan di rata-rata mesin cetak untuk keperluan umum.

Sekarang tinggal menentukan tujuan Anda nge-Print, apa itu untuk tujuan biasa seperti dokumen, denah, atau tujuan percetakan foto, tujuan percetakan dalam kuantitas sangat besar? Hal ini relatif dengan pemilihan tinta yang Anda gunakan. Tinta umum sudah cukup bagus untuk segala kebutuhan di atas. Tetapi dengan tinta branded/premium, tentu ada beda di kualitas Hasil, di warna yang di timbulkan dan daya tahan cetakan dari tinta tersebut.

Contohnya di tinta Rainbow Premium yang sengaja kami hadirkan untuk printer Brother saat ini, di tujukan untuk menyamai kualitas cetak yang jauh lebih cantik di seri2 Brother terbaru seperti J430w, J625DW dan J725DW. Dan apa yang membedakan dari tinta umum selain dari Hasil yang jauh lebih cantik? Untuk tinta Premium ini, diperkirakan dapat memperpanjang daya tahan print head yang jika menggunakan tinta umum, lebih kurang print head dapat tahan sampai penggunaan 8.000 – 12.000 lembar, tetapi di tinta Premium ini, dapat di gunakan hingga 30.000 – 70.000 lembar. Jumlah lembar yang dapat di capai ini relatif, dan tergantung dari perawatan dari pengguna sendiri tentunya.

Dan satu hal lagi, mungkin bisa terjadi di printer merek lain juga, tetapi lebih relatif di printer Brother, tidak semua merek tinta Brother yang isi ulang di JAMIN awet. Hal ini sudah kita temukan dari berbagai eksperimen awal, dan setelah kami mengeluarkan tinta Brother merek Rainbow, sudah terUJI bahwa tidak ada warna yang bermasalah sama sekali. Beberapa merek lain di pasaran, masih ada kemungkinan kemacetan di satu hingga 2 warna tertentu, seperti ada yang bermasalah di hitam saja, magenta, ataupun yellow saja yang suka macet. Hal ini bisa terjadi karena takaran warna yang tidak pas dengan standard print head Brother, dan mengakibatkan kerusakan print head dari tersumbatnya tinta di warna tertentu. Biasanya di indikasikan seperti dalam 4 warna tersebut, ketiga warna lainnya memiliki hasil print yang sempurna, tetapi khusus 1 warna ini tidak ada hasil sama sekali ataupun pecah-pecah.

Semoga tips ini bermanfaat. Artikel ini bermaksud untuk memberikan gambaran kepada Anda dalam memilih tinta isi ulang, dan bukan untuk membanding-bandingkan merek tinta dan menjelekan merek lain. 🙂

218 thoughts on “Tips: Hati-Hati Memilih Tinta Untuk Printer Anda”

  1. Min.. Mau tanya.. Printer saya Canon pixma ix 6770.. Saya merencanakan suntik tinta untuk menghemat pembelian cartridge terus menerus bila tinta habis.. Tinta apa yg disarankan (merk dan jenis mungkin atau info yg lainnya)?? Dan apakah ada tinta dari printer canon lainnya yg bisa saya gunakan?? Saya kesulitan menemukan tinta khusus untuk printer saya.. Mohon dibantu dan rekomendasinya tinta yg baik untuk printer saya.. Terimakasih banyak..

  2. Mas mau tanya nih.. pengalaman mas pernah coba refil tinta dgn merk berbeda. Misalnya mau refiil pake tinta merk epson/ canon for catridge merk hp. Ada resiko kerusakannya gak mas.???

  3. saya pengguna epson c45 dengan sistem CISS/infus.selama ini saya menggunakan universal ink untuk me refill
    adakah rekomendasi untuk merk tinta yg cocok dengan unit printer saya tsb,mengingat saya sdh merasa kesulitan menemukan refill ink selain universal refill ink.
    tks

  4. Kak saya pakek printer Canon pixma mg2570s. Tinta merek apa ya yang kira2 bagus? Dr kmrn bingung cari tinta. Takutnya nanti ada problem kedepannya. Terimakasih.

  5. Kalo untuk epson L805, bagus ga tinta diamond yg art paper ?
    Sebelumnya saya pakai tinta sun??

  6. Gita: Saya tidak bisa banyak merekomendasi, karena rata-rata tergantung merek yang terkenal di pasaran. Kita menggunakan tinta merek Aiflo.

  7. Kemilius: Tinta untuk art paper kita tidak pernah coba, dan dari service center tidak disarankan karena bukan diperuntukan tipe ini.

  8. Putri: MG2570 menggunakan cartridge, sehingga tinta tidak begitu pengaruh besar, karena cartridge ada batas penggunaannya serta masa hidupnya yang singkat.

  9. Ary: C45 wow, masih awet berarti printernya. Saya tidak bisa memastikan tinta yang awet, namun kalau di kami, kami menggunakan tinta merek Aiflo untuk Epson dari dulu.

  10. Taufik, tidak ada tinta yang spesifik untuk tipe printer HP, namun bisa di cek tinta yang khusus buat printer HP, agar lebih aman digunakan.

  11. Arif: Pasti ada masalah, karena peruntukan berbeda merek itu ketebalan dan komposisi tintanya berbeda.

  12. Dionysius: Bisa menggunakan tinta khusus untuk canon, seperti yang kami jual adalah merek Aiflo.

  13. Ida: 2135 cartridge originalnya cukup terjangkau, saran saya tetap gunakan original agar tidak merusak printer dan tidak ribet. Khususnya jika penggunaan tidak banyak. Namun jika memang harus refill, gunakan tinta khusus untuk HP. Dari kami, kami menjual merek Aiflo/Aster. Dan untuk HP, tidak bisa direfill banyak, dan harus di tutup kembali lubangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *