Tips: Hati-Hati Memilih Tinta Untuk Printer Anda


Image Source: abduzeedo.com

Sekarang ini tinta isi ulang baik itu dalam bentuk suntikan ke cartridge atau isi ulang untuk tabung infus, sudah sangat banyak di pasaran. Puluhan ataupun ratusan merek yang dapat kita temukan. Ada tinta dari China, Amerika, Mexico, Korea, Indonesia sendiri, dan dari mana saja. Ada merek Printech, e-Print, Aiflo, Dataprint, Blueprint, Durabright, Inktec, dan lain-lain. Dari sekian banyak merek, bagaimana memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak merusak printer serta hasil print Anda?

Rata-rata merek menyatakan hasilnya bagus, dan tidak merusak printer. Ada yang mahal, ada yang murah, ada yang harganya super murah sekali.

[ad name=”square1″]

Dari pengalaman kami menjual printer dan tinta isi ulang selama 4 tahun sampai saat artikel ini di muat, kami sudah mencoba berbagai macam merek, gonta ganti merek, dan terdapat beberapa yang ternyata lebih awet dan tidak sering macet. Kenapa demikian? Karena sebagian produsen tinta memiliki takaran ketebalan tinta masing-masing, dan jika terjadi kesalahan takaran, maka dapat lebih mudah merusak printer (cartridge/print head).

Masing-masing merek Printer seperti Canon, Epson, HP dan Brother memiliki tingkat ketebalan tinta yang berbeda. Jadi, jangan pernah mencampur tinta Anda ataupun menggunakan tinta untuk printer Epson misalnya di printer Canon Anda. Jadi, sudah tersedia khusus tinta-tinta untuk masing-masing merek printer yang ada di pasaran sekarang. Dan di Maestro Komputer sendiri, tinta isi ulang yang kami tawari sudah teruji dan tidak mudah membuat head tersumbat. Terdapat beberapa kategori harga tinta, tinta bagus dan umum di kisaran Rp. 15.000 per botol 100ml, tinta Branded di kisaran Rp. 30.000 per botol 100ml, sampai ada yang Premium (Saat ini tersedia hanya untuk Brother) di kisaran Rp. 75.000. Tinta yang kita bicarakan saat ini merupakan tipe tinta Dye, yang paling standard digunakan di rata-rata mesin cetak untuk keperluan umum.

Sekarang tinggal menentukan tujuan Anda nge-Print, apa itu untuk tujuan biasa seperti dokumen, denah, atau tujuan percetakan foto, tujuan percetakan dalam kuantitas sangat besar? Hal ini relatif dengan pemilihan tinta yang Anda gunakan. Tinta umum sudah cukup bagus untuk segala kebutuhan di atas. Tetapi dengan tinta branded/premium, tentu ada beda di kualitas Hasil, di warna yang di timbulkan dan daya tahan cetakan dari tinta tersebut.

Contohnya di tinta Rainbow Premium yang sengaja kami hadirkan untuk printer Brother saat ini, di tujukan untuk menyamai kualitas cetak yang jauh lebih cantik di seri2 Brother terbaru seperti J430w, J625DW dan J725DW. Dan apa yang membedakan dari tinta umum selain dari Hasil yang jauh lebih cantik? Untuk tinta Premium ini, diperkirakan dapat memperpanjang daya tahan print head yang jika menggunakan tinta umum, lebih kurang print head dapat tahan sampai penggunaan 8.000 – 12.000 lembar, tetapi di tinta Premium ini, dapat di gunakan hingga 30.000 – 70.000 lembar. Jumlah lembar yang dapat di capai ini relatif, dan tergantung dari perawatan dari pengguna sendiri tentunya.

Dan satu hal lagi, mungkin bisa terjadi di printer merek lain juga, tetapi lebih relatif di printer Brother, tidak semua merek tinta Brother yang isi ulang di JAMIN awet. Hal ini sudah kita temukan dari berbagai eksperimen awal, dan setelah kami mengeluarkan tinta Brother merek Rainbow, sudah terUJI bahwa tidak ada warna yang bermasalah sama sekali. Beberapa merek lain di pasaran, masih ada kemungkinan kemacetan di satu hingga 2 warna tertentu, seperti ada yang bermasalah di hitam saja, magenta, ataupun yellow saja yang suka macet. Hal ini bisa terjadi karena takaran warna yang tidak pas dengan standard print head Brother, dan mengakibatkan kerusakan print head dari tersumbatnya tinta di warna tertentu. Biasanya di indikasikan seperti dalam 4 warna tersebut, ketiga warna lainnya memiliki hasil print yang sempurna, tetapi khusus 1 warna ini tidak ada hasil sama sekali ataupun pecah-pecah.

Semoga tips ini bermanfaat. Artikel ini bermaksud untuk memberikan gambaran kepada Anda dalam memilih tinta isi ulang, dan bukan untuk membanding-bandingkan merek tinta dan menjelekan merek lain. 🙂

191 thoughts on “Tips: Hati-Hati Memilih Tinta Untuk Printer Anda”

  1. Faathir: Apa saja bisa, cuma yang sudah banyak dicoba dan aman adalah Rainbow, dan ada merek baru kita yaitu Sprink

  2. Ahmad: Sprink adalah tinta merek baru kita, yang sudah di sempurnakan. Kualitas juga cukup bagus. Belinya di mana?

  3. Saya salah memilih tinta, dan tinta tersebut sudah dimasukkan dlam tabung infus.. Hasil cetakannya jadi buram setelah dilakukan head cleaning.. Bagaimana solusinya? Apakah catridgenya jadi rusak?

  4. Gan, printer saya canon 2770, kalau pakai tinta merek G-T INK bahaya ga buat catridge,? soalnya pas habis isi ulang hasil head cleaningnya jadi putus2 dan buram. Mohon solusinya…

  5. Amel: tergantung. Perlu di ingat bahwa cartridge ada masa pakainya, yaitu jumlah pengunaan dan daya tahannya. Jadi jika sudah banyak digunakan dan isi ulang kembali, kemungkinan penurunan hasil print ada. Apa lagi jika tergores.

  6. cece: untuk Seri Ink Tank Canon yang baru, disarankan menggunakan tinta original, karena sudah terjangkau. Jika menggunakan tinta lain, perlu di pastikan merek tinta tersebut telah melalui test uji dan ketahanan terhadap printer tersebut.

  7. Ayyy: Salah milih tinta dalam hal bagaimana? Salah peruntukkan atau gimana? Jika printer Canon, bisa jadi bukan karena tinta saja, bisa ada banyak kemungkinan lain.

  8. Ana Diah: Tidak disarankan, karena beresiko bocor atau tumpah. Cartridgenya kan murah saja, cepat habis tergantung kualitas yang di set pada saat mencetak. jika hanya dokumen, coba ke setting Draft.

  9. Mas, kalo gx ink nya kodak dipake di cartridge printer canon buat cetak dokumen bisa? Atau mesti pake yg khusus canon? Soalnya udah kebeli tiga kotak

  10. Ana: Kodak tidak mengeluarkan printer, dan tintanya bisa saja khusus untuk mesin cetak. Resiko akan macet atau lebih cepat rusak. Selalu sesuaikan tinta yang disesuaikan untuk merek printer yang Anda gunakan, karena setiap printer berbeda teknologi tintanya.

  11. Printer HP deksjet 2132 cartridge 803 bagusnya menggunakan tinta data print nmor berapa atau tinta eprint nmor brp

  12. Kristo: untuk dataprint kita belum pernah jual, jadi kurang tau Pak. Biasanya sih pakai yang universal buat HP.

  13. Eko: Untuk Canon kita biasa mensupply merek yang mencakup semua seri Canon, tidak ada yang spesifik untuk model tertentu. Bisa dicoba merek Sprink, Aiflo, F1

  14. Printer saya Canon MP287 dan sudah dimodifikasi infus.
    Tinta refill merek apa yang terbaik untuk printer saya?
    Terimakasih sebelumnya.

  15. Asmadi: Ya biasa tergantung infus yang digunakan kan sudah ada tinta nya, Canon rata-rata gak masalah, tergantung pengalaman dari tempat Anda membeli.

    Kalau berdasarkan pengalaman kami, kami menggunakan Aiflo selama ini untuk Canon, dan tidak masalah. Bahkan tidak pernah kristalisasi (ada merek printer yang tinta kuningnya setelah beberapa waktu menjadi kristal dan mengeras di dalam selang infus)

  16. saya pakai epson L360 penggunaan untuk cetak foto
    selama ini pakai tinta ori cuma ada 1 kendala yaitu harganya mahal, rencana mau ganti pake tinta yg ga ori….
    rekomendasi tinta yang paling aman untuk head selain ori merk apa ya? harganya berapa? trim

  17. Assalamualaikum min mau tanya, printer saya Epson L220 mau saya isi tinta pakai Epson L110/L210/350 (Blue print) yang tertera di botol kira2 bisa tidak? dan apa bisa merusak printer nya? terima kasih

  18. Wahyu: Selalunya sih disarankan menggunakan tinta original. L Series, rata2 sama tintanya, kecuali L800 saja yang khusus berbeda dari L series lainnya.

  19. Selain tinta merk Rainbow Premium, tinta merk apa saja yang –
    direkomendasikan untuk printer Brother type J430W ???

  20. Mhn info min apakah merk orimax bisa untuk refill ya, Krn ada teman yang menyarankan pakai, trims…

  21. Min, Printer Epson L310 baru langsung diisi tinta non original (Inktec) bisa ga? Apakah berpengaruh dengan keawetan head? Terimakasih sebelumnya

  22. Yep, ada yang hanya coba-coba, ada juga yang sudah melewati berbagai macam test dan research, sehingga kompatibilitas lebih tinggi. Tetap terbaik menggunakan tinta original dari brand printer tersebut.

  23. Heru: Bisa saja, tetapi garansi langsung tidak berlaku lagi. Keawetan tergantung kualitas dari Inktec tersebut, apakah diperuntukan untuk L series atau Epson seri lama? Karena L series tintanya berbeda dengan tinta Epson seri lama.

  24. Heru: Bisa saja, tetapi langsung menghabiskan Garansi printer tersebut. Dan jika ada kendala dari pabrik, maka resiko akan sangat besar mengakibatkan tidak bisa claim DOA. Inktec jg perlu di cek apakah tinta khusus L series atau seri Epson yang lama? Karena L series menggunakan tinta yang berbeda.

  25. min,printer saya hp 2135 apa bisa di refill ? atau harus ganti cartridge ?
    kalau harus ganti,pakai apa selain 608 ? soalnya kapasitas tinta 608 sedikit

  26. salam kenal gan, mw tny masalah tinta printer nih,
    sy pake epson L220, tinta msh ori,
    pertanyaan sy:
    1. bisakah diganti pake tinta anti air, spt uv plus atw pigmen?
    2. merk yang bagus menurut agan,/ yg biasa dipake, apa ya,, (tinta fast print epson photo ultimate uv plus, tinta pigment, tinta art paper, dll)
    3. klo tinta ori kan tidak mampet wlwpun jarang dipakai, misalnya lebih dari sebulan tidak digunakan, jika saya mengganti nya pake tinta anti air, spt di no. 2, apakah akan mampet jika tidak dipakai dalam waktu lama,,? dan bagaimana silusinya..??
    terima kasih

  27. Akbar: Tidak disarankan refill karena HP menggunakan sistem tinta yang berbeda. HP 2135 menggunakan Cartridge HP 680, kapasitas 600 lembar (Draft)

  28. Nanang: 1. Tidak disarankan, karena membatalkan Garansi, serta akan merusak ink sytem jika penggunaan jangka panjang
    2. Tinta Original Tetap yang terbaik buat L Series, optional Tinta Sprink yang kita jual cukup lumayan
    3. Jika tinta macet, panjang prosesnya, harus di cuci dengan cairan khusus dan sebagainya. Semuanya disarankan dilakukan oleh tenaga ahli karena dapat merusak head/motherboard jika tidak hati2. Dan Garansi pun tidak berlaku lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *