Tips: Hati-Hati Memilih Tinta Untuk Printer Anda

Be Sociable, Share!


Image Source: abduzeedo.com

Sekarang ini tinta isi ulang baik itu dalam bentuk suntikan ke cartridge atau isi ulang untuk tabung infus, sudah sangat banyak di pasaran. Puluhan ataupun ratusan merek yang dapat kita temukan. Ada tinta dari China, Amerika, Mexico, Korea, Indonesia sendiri, dan dari mana saja. Ada merek Printech, e-Print, Aiflo, Dataprint, Blueprint, Durabright, Inktec, dan lain-lain. Dari sekian banyak merek, bagaimana memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak merusak printer serta hasil print Anda?

Rata-rata merek menyatakan hasilnya bagus, dan tidak merusak printer. Ada yang mahal, ada yang murah, ada yang harganya super murah sekali.

Dari pengalaman kami menjual printer dan tinta isi ulang selama 4 tahun sampai saat artikel ini di muat, kami sudah mencoba berbagai macam merek, gonta ganti merek, dan terdapat beberapa yang ternyata lebih awet dan tidak sering macet. Kenapa demikian? Karena sebagian produsen tinta memiliki takaran ketebalan tinta masing-masing, dan jika terjadi kesalahan takaran, maka dapat lebih mudah merusak printer (cartridge/print head).

Masing-masing merek Printer seperti Canon, Epson, HP dan Brother memiliki tingkat ketebalan tinta yang berbeda. Jadi, jangan pernah mencampur tinta Anda ataupun menggunakan tinta untuk printer Epson misalnya di printer Canon Anda. Jadi, sudah tersedia khusus tinta-tinta untuk masing-masing merek printer yang ada di pasaran sekarang. Dan di Maestro Komputer sendiri, tinta isi ulang yang kami tawari sudah teruji dan tidak mudah membuat head tersumbat. Terdapat beberapa kategori harga tinta, tinta bagus dan umum di kisaran Rp. 15.000 per botol 100ml, tinta Branded di kisaran Rp. 30.000 per botol 100ml, sampai ada yang Premium (Saat ini tersedia hanya untuk Brother) di kisaran Rp. 75.000. Tinta yang kita bicarakan saat ini merupakan tipe tinta Dye, yang paling standard digunakan di rata-rata mesin cetak untuk keperluan umum.

Sekarang tinggal menentukan tujuan Anda nge-Print, apa itu untuk tujuan biasa seperti dokumen, denah, atau tujuan percetakan foto, tujuan percetakan dalam kuantitas sangat besar? Hal ini relatif dengan pemilihan tinta yang Anda gunakan. Tinta umum sudah cukup bagus untuk segala kebutuhan di atas. Tetapi dengan tinta branded/premium, tentu ada beda di kualitas Hasil, di warna yang di timbulkan dan daya tahan cetakan dari tinta tersebut.

Contohnya di tinta Rainbow Premium yang sengaja kami hadirkan untuk printer Brother saat ini, di tujukan untuk menyamai kualitas cetak yang jauh lebih cantik di seri2 Brother terbaru seperti J430w, J625DW dan J725DW. Dan apa yang membedakan dari tinta umum selain dari Hasil yang jauh lebih cantik? Untuk tinta Premium ini, diperkirakan dapat memperpanjang daya tahan print head yang jika menggunakan tinta umum, lebih kurang print head dapat tahan sampai penggunaan 8.000 – 12.000 lembar, tetapi di tinta Premium ini, dapat di gunakan hingga 30.000 – 70.000 lembar. Jumlah lembar yang dapat di capai ini relatif, dan tergantung dari perawatan dari pengguna sendiri tentunya.

Dan satu hal lagi, mungkin bisa terjadi di printer merek lain juga, tetapi lebih relatif di printer Brother, tidak semua merek tinta Brother yang isi ulang di JAMIN awet. Hal ini sudah kita temukan dari berbagai eksperimen awal, dan setelah kami mengeluarkan tinta Brother merek Rainbow, sudah terUJI bahwa tidak ada warna yang bermasalah sama sekali. Beberapa merek lain di pasaran, masih ada kemungkinan kemacetan di satu hingga 2 warna tertentu, seperti ada yang bermasalah di hitam saja, magenta, ataupun yellow saja yang suka macet. Hal ini bisa terjadi karena takaran warna yang tidak pas dengan standard print head Brother, dan mengakibatkan kerusakan print head dari tersumbatnya tinta di warna tertentu. Biasanya di indikasikan seperti dalam 4 warna tersebut, ketiga warna lainnya memiliki hasil print yang sempurna, tetapi khusus 1 warna ini tidak ada hasil sama sekali ataupun pecah-pecah.

Semoga tips ini bermanfaat. Artikel ini bermaksud untuk memberikan gambaran kepada Anda dalam memilih tinta isi ulang, dan bukan untuk membanding-bandingkan merek tinta dan menjelekan merek lain. :)

Be Sociable, Share!

69 thoughts on “Tips: Hati-Hati Memilih Tinta Untuk Printer Anda”

  1. joejoen: sudah boleh aiflo. Tetapi tetap aja tinta isi ulang harus di pakai dengan cermat, tidak kelebihan hingga bocor.

  2. untuk printer Canon E510 tinta warna bisa diisi ulang gak ya (kata penjualnya gak bisa.
    kalo ada solusinya, tolong dong gan.
    saya pikir bisa ngirit…
    thanks (kalo dijawab)

  3. danny: sebenarnya bisa saja, tidak terlalu banyak, dan tidak terlalu dalam tusuk jarumnya. Beli saja refill Kit utk canon, dan untuk warna, tinggal pastikan warna apa pada setiap lubangnya, dan isi warna yang tepat pada lubang yang tersedia. Di internet banyak panduan pengisiannya. Kalau ada refill center di kota Anda, tinggal bawa cartridge untuk di isi ulang menggunakan mesin khusus.

  4. gw pernah pkai tinta suntik, ribet bngt! sering mampet + blobor shg katrid sering direndam di air panas jd rusak. akibat sering pasang copot katrid, cariage head nya jd rusak gk bsa mendeteksi katrid.

  5. dewa tidoer: memang begitu, kalau sistem cartridge. Sekarang di HP menghadirkan Ink Advantage, cartridge murah, kapasitas besar hingga 1 rim per cartridge. Jika jarang-jarang cetak, mungkin boleh ngelirik printer ini.

  6. admin saya mau nanya :
    saya menggunakan printer canon ip1980. saya baru ganti catrid hitam dan warna. rencana ingin isi ulang kalau tintanya habis, baik itu dengan cara infus ataupun suntik. pertama yang ingin saya tanyakan tinta merk apa yang cocok untuk printer saya nantinya?
    kedua, kalau menggunakan metode suntik berapa cc kah tinta dari masing-masing warna yang mesti saya suntikkan agar pas (tidak blobor dan bocor)?
    terimakasih sebelumnya.

  7. So, pantesan cartidge saya cepet rusak. Ternyata karena tidak sama merk itu sangat berpengaruh banget.

    Wah, thankyou atas informasinya. Sangat bermanfaat!

  8. wahyu: beberapa merek terkenal seperti printech, F1, dataprint boleh digunakan. Kalau isi ulang masing2 merek ada menyediakan panduannya dalam packaging. Biasanya tidak lebih dari 2ml. Untuk infus tergantung merek masing2 toko. kalau suntik, tidak boleh tekan sampai dasar, hanya boleh masuk sedikit jarumnya dari atas, dan disuntik pelahan2.

  9. Tinta Universal VS Tinta Spesifik gimana ya ?

    Soalnya tinta merk BleP**** yang katanya bagus tapi tinta kemasan 100mL nya itu tinta jenis Universal, sedangkan produk tinta spesifik merena tidak ada yg kompetibel dengan Cartridge HP 703.

    Yang spesifik dan kompetibel justru merk DataP**** yang “Katanya” jelek (jelek kok dapat Top Brand berturut-turut dan sejak 1992 tetap eksis sampai sekarang dan semakin berkembang ?), saya sukanya merk DataP**** itu karena dia memang spesifik, jadi kan Cartridge HP 703 Black itu dia Original/OEM-nya pakai tinta jenis Pigment, nah DataP**** DP-27 untuk HP 703 juga menggunakan tinta jenis Pigment dan saya cek list cartridge yang dinyatakan kompetibel untuk DataP**** DP-27 (Black) juga semuanya tinta original/OEM-nya juga menggunakan tinta jenis pigment.

    Sedangkan BleP**** jenis tinta Pigment (Black) untuk HP sangat sulit didapatkan (tidak ada yg stock di kota saya).

    Bagusan mana tinta spesifik VS tinta universal ?

    Tinta Universalnya pemegang rekor muri, sedangkan tinta spesifiknya pemegang award top brand berturut-turut tiap tahun dan sudah sejak tahun 90’an.

  10. Lukman: Susah juga yah. Rata2 merek lebih universal, misalnya tinta HP, Canon, Epson, Brother. Tidak spesifik untuk cartridgenya. Itu asalannya pasti karena printer hampir tiap tahun berganti tipe dan cartridge baru pun bermunculan. Mereka tidak mungkin tiap tahun membuat formula baru, dan jika masih ada sisa stock lama yang specific, pasti terhambat peredarannya jika pengguna semakin berkurang.

    Untuk HP memang Black menggunakan tinta Pigment, dan color dye. Tidak tahu kalau merek Biru tersebut menggunakan Dye, yang saya pastikan, merek yang kami sediakan untuk Printer HP, semuanya wajib Pigment untuk Black. Tidak harus biru dan kuning mereknya, masih banyak merek lain seperti F1 yang juga merupakan buatan lokal yang berkualitas. Dapat di beli di indomaret/alfamart juga. Tetapi memang tinta refill buat HP agak sulit didapatkan karena tendency untuk mengisi ulang cartridge HP sangat jarang. Apa lagi sekarang printer HP adalah printer ANTI RIBET, yaitu tidak perlu isi ulang atau infus segala. Cartridgenya sangat terjangkau cukup 79rb-100rb dapat mencetak hingga 600 lembar, bahkan ada yang hingga 1200 lembar. Malah jika isi ulang tidak hati-hati dan caranya salah, bakal merusak printer tersebut, yaitu melalui tinta yang bocor, cipratan tinta ke komponen printer hingga body printer.

    Semoga bermanfaat. :)

  11. Malah saya curiga tinta yg mengklaim spesifik malah sebenarnya tinta universal.

    Setau saya, tinta yg kompetibel dengan cartridge HP 27 (Black) dan HP 28 (Colour) juga dianggap kompetibel dengan HP 703.

  12. Tinta F1 belum masuk Alfamart di Banjarmasin dan sekitarnya, kalo masuk pun ane pesimis ready stock buat HP. Saking gk lakunya tinta non-original buat HP, bahkan disini ada toko besar yg jual banyak jenis tinta tapi gk ada satu pun yg buat HP (padahal merk yg mereka jual memproduksi juga varian buat HP).

    Sepertinya HP sukses membuat konsumennya nyaman menggunakan tinta original.

    Saya saja sebenarnya kapok dan menyesal kemaren berniat menjadikan refill sebagai solusi utama tinta printer HP Ink Advantage ane, hasilnya malah ane rugi, karena ane ngebuang banyak kertas buat ngeprint nozzle test karena hasil cetak gk bagus, nozzle cartridge warna beberapa titik nozzlenya tersumbat, tinta hitam sering kemasukan gelembung udara jadinya tinta penuh tapi hasil cetak seperti disayat-sayat.

    Padahal HP 703 apalagi yg Black adalah tergolong cartridge hemat tinta dan murah harganya.

    Selain kertas juga banyak biaya lain yg ane keluarkan dan ane hitung-hitung total keseluruhannya lebih mahal daripada ane pake cartridge original HP. Kalo pake cartridge original HP Ink Advantage ya setelah dipasang ke cartridge ya tinggal pake, nozzle dijamin sampai tinta habis gk bakalan tersumbat, bahkan jika printer sangat jarang dipakai sekali pun. Hemat tinta, hemat uang, hemat waktu, hemat listrik, hemat tenaga, hemat pikiran, dsb

    Maaf kalo curhat :D

    Mulai sekarang ane nerima kenyataan aja kalo printer ane gk ideal buat direfill.

    Penyesalan yg paling bikin ane nyesel adalah bagian dalam printer ane, yaiu pada bagian wiper cleaning head, dan tempat “parkir” cartridge jadi belepotan tinta gara-gara tinta bocor. Padahal selama ane pake cartridge original, sudah 4 tahun printer ini masih sehat wal afiat. Yaaa palingan kalo rusak bakalan beli printer HP Ultra Ink Advantage :D

  13. :) Testimoni pelanggan HP yang paling TOP. Sebenarnya tinta refill sih boleh, asal tahu caranya saja, dan biasanya 2-3 kali refill doank per cartridge tahannya. Dan jangan kemarukan, isinya sedikit2, jangan banyak2 biar enteng kerjanya. Tetapi namanya HP ink advantage, printer anti ribet, no more refill, no more tinta berlepotan. Dan printernya pun dikasi warna putih biar gak kotor kena tinta. Kalau kena tinta ya ketahuan refill. :P Kalau penggunaan jarang, dan lebih ke dokumen, HP is the best and paling ekonomis.

  14. Min mau nanya kalo printer F380 yang masih pake catridge 21 & 22..baiknya diinfus atau ga usah?soalnya nanya ke tukang printer pun ada 2 pendapat : (ane bingung yang bener yang mana..)

    Tukang Printer 1 : “bagus – bagus aja di infus jadi lebih awet catridgenya sama penggunaannya ga usah sering di cabut – pasang, karena kalo keseringan bikin lemah sensornya jadi cepet rusak catridge. kan sekarang udah ada sistem dumper dll…jadi aman buat printer HP”

    Tukang Printer 2 : “Sebaiknya ga usah diinfus karena ruginya lebih besar dibanding keuntungan pake infus. Meskipun udah ada dumper tapi ga nutup kemungkinan bisa bocor. Ujung-ujungnya motherboard printer korslet. Mendingan bawaan asli aja.”

    Nah menurut admin saya mending pilih yang mana??infus atau jangan infus untuk printer ane?? Kalo misalkan bagus yang ga infus, bisa ga catridge 21&22 diganti ke sistem catridge sistem ink advantage?? atau ada cara lain yang bisa lebih hemat tanpa mengurangi hasil cetak?? maap ya panjang..hehehehe..tks…

  15. Akhirnya ane beli HP DeskJet Ultra Ink Advantage 2520hc :D

    Tinta warna ane habiskan hari pertama printer ini ane pake karena ane sangat puas dengan kualitas cetak fotonya (diluar dugaan saya), pada saat test print warna juga beda banget dengan kualitas warna dari cartridge HP 703 Tri-Colour maupun HP 704 Tri-Colour, warnanya lebih cerah, lebih tebal, lebih lebih lebih baik dari cartridge seri sebelumnya, selain itu karena pake Top Paper Tray jadinya bisa nyetak foto ukuran A4 dengan tebal diatas 230 gsm tanpa masalah paper jam seperti di printer ane sebelumnya yg masih front paper tray (k209a).

    Nah berhubung tinta warna bawaan sudah habis, jadinya ane iseng refill sendiri pake suntikan (refill manual) dan itu cuma iseng, gak sampai lama, cuma sekali cetak aja, dan tau gk hasilnya ?, lebih parah daripada cartridge HP 703 Tri-Colour yang direfill, ya apalagi kualitas cetak sangat jauh turunnya karena banyak titik nozzle yang tersumbat.

    Lalu ane otopsi/belah itu cartridge 46 tri-colour, dan ketika ane angkat busa didalam cartridge tersebut ane liat tinta yg ane isikan tadi semuanya dalam bentuk buih gelembung udara. Inilah hebatnya cartridge ini :D, ada fitur Anti Refill, karena busanya didesain khusus jika tinta diinject dari lubang pernafasan tinta maka tinta yg menyembur dari jarum suntik dan terkena busa akan berubah jadi buih. “Diremas” pun teksturnya sangat berbeda dari busa pada cartridge lainnya (biasa).

    Lagian, sangat kebangetan jika pake printer Ultra Ink Advantage masih saja ngerefill tinta :D

    Lebih baik pakai printer selain merk HP jika ingin ngerefill atau infus sebagai cara utama anda dalam mengisi tinta. Soalnya merk lain yang cartridgenya mahal itu biasanya memang vendornya sadar diri dan memberikan keringanan bagi penggunanya agar cartridge bisa direfill (tapi belakangan ini cartridge merk lain yg mahal juga cepat rusak kok, apalagi cartridge warnanya).

    Oh ya, perlu diketahui bahwa tinta non-original for HP yg beredar sebenarnya risetnya didesain untuk cartridge HP non-Ink Advantage seperti HP 27 (Black) dan HP 28 (Colour) misalnya. Jadi dengan kata lain tinta for HP yang bereda bisa dikatakan tidak kompetibel dengan cartridge berteknologi Ink Advantage karena sesungguhnya teknologi Ink Advantage berbeda dengan teknologi BubleJet/Thermal konvensional, ada pengembangan dari teknologi konvensional sehingga HP mampu memberikan solusi pada pelanggan yaitu tinta hemat, page yield banyak, tapi harga tinta original relatif murah.

    Yah ane rugi banyak karena eksperiment yg ane lakukan, tapi pada akhirnya ane dapet ilmu dan pengalaman yg banyak.

    Kesimpulan ane, cartridge HP Ink Advantage persentase kegagalannya ketika direfill sangat tinggi (versi riset resmi adalabh 70% gagal), ngerefill di refill center juga mahal jadinya karena refill center ngasih garansi, sedangkan page yield (halaman yg mampu dicetak) jauh dibawah tinta original padahal direfill full tank. Jadi refill di refill center jatohnya lebih mahal sedangkan ngerefill sendiri selalu gagal.

  16. Harry: F380 sudah tipe lama, di infus tidak efisien, ganti cartridge juga tidak murah. Sekarang HP ada yang namanya Ink Advantage Series. Seperti HP 1515 yang cuma 699rb, cartridge per pcs cuma 79rb, total 2 pcs x 79.000, bisa cetak 600 lembar. Dan ada juga yang HC, kapasitas cetak hingga 1200 lembar. Silahkan di periksa ke toko komputer terdekat untuk seri HP Ink Advantage.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>