Tips Memilih/Membeli Printer Sesuai Kebutuhan

Anda pasti pernah membeli printer, mungkin sudah lebih dari satu karena yang lamanya rusak ataupun beli lagi yang baru untuk melengkapi kebutuhan. Terdapat berbagai tipe printer yang di jual saat ini, masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda.

Beberapa tipe printer berdasarkan tipe cartridgenya adalah sebagai berikut: Dot Matrix (Menggunakan Pita/Ribbon), Inkjet (menggunakan tinta), Laser (menggunakan serbuk), dan Thermal (menggunakan daya panas).

Dot Matrix biasanya digunakan untuk kebutuhan kantor dan tempat usaha, baik pencetakan faktur penjualan maupun faktur lainnya. Tergolong classic, karena sudah ada sejak dulu dan masih exist hingga saat ini. Contoh: Printer Epson LX-300+II, Epson LQ-300. Kisaran harga 1.6 jutaan. Menggunakan pita yang dapat di ganti jika sudah tidak jelas lagi, dan proses pencetakan menggunakan jarum yang terdapat pada print head printer. Tergolong sedikit ribut, dan lambat. Hanya dapat print 1 warna sesuai dengan warna pita yang di jual. Biasanya hitam, atau merah.

InkJet merupakan printer yang paling banyak digunakan, biasanya untuk kantor, rumah, sekolah, studio foto, toko HP dan lain2. Menggunakan system tinta yang dapat di isi ulang, ataupun di infus. Tergolong printer warna, dan memliki beberapa tipe berdasarkan fungsi yang ada, diantaranya: printer saja, printer + scanner + copier, printer + scanner + copier + Fax, dan sebagian memiliki tambahan fitur Wireless, LAN, dan ADF (Automatic Document Feeder) untuk scanning beberapa lembar dokumen sekaligus dan biasanya mendukung kertas F4/Legal/folio. Contoh printer: Canon Pixma IP2770, Canon PIxma MP287, Brother DCP-J125, HP Deskjet 1000, HP Deskjet k110a, Epson Stylus T13x, Epson Stylus L100, L200, L800 dan masih banyak lagi. Masing-masing merek memiliki keunggulan dan fitur sendiri. Harga printer dan cartridgenya pun berbeda-beda pada setiap merek. Tergolong printer termurah di antara semua tipe. Dapat mencetak di atas kertas biasa dan kertas foto.

Untuk printer inkjet, kami akan membahas lebih detil sedikit untuk membantu menbandingkan. Terdapat 4 merek yang umum saat ini, antaranya: Canon, HP (Hewlet Packard), Epson dan Brother.

Canon merupakan salah satu merek yang paling umum dan terkenal, karena harga yang relatif murah, di kisaran 400rban untuk printer saja, 600rban untuk multifungsi. Di ikuti printer dari HP (Hewlet Packard) di mana saat ini sudah tergolong cukup murah di 300rban dan 800rban. Keunggulannya HP memberikan harga Cartridge pengganti yang relatif murah, di kisaran 70-110rb, dan dapat mencetak hingga 500 lembar per cartridgenya. Di bandingkan dengan Canon, di mana 1 cartridgenya berkisar antara 140-200rb dan hanya dapat mencetak dalam hitungan 100 lembar.

Berikutnya adalah Epson. Harga printer Epson relatif lebih mahal di banding Canon dan HP, di kisaran 600rban dan 800rban. Sebagian mencapai jutaan, di mana terdapat beberapa keunggulan tersendiri di bandingkan dengan merek lain. Untuk Epson, print head dan cartridge terpisah, jadi biaya cartridge per warna berkisar antara 60-100rb (total 4 warna). Kalau di Canon dan HP, print head rata-rata terdapat pada cartridgenya langsung, dan karena itulah harga cartridge Canon dan HP lumayan mahal. Di Epson, lebih terkenal di fitur INFUS (CISS – Continuous Ink Supply System), di mana printer Epson tersebut di modifikasi dengan menggunakan selang dan tabung tinta yang ditempelkan di pinggir casing. Keunggulannya, Anda cukup membeli tinta refill senilai Rp. 15.000 per warna dan dapat digunakan untuk mencetak lebih dari 500 lembar. Relatif murah bukan? Dan untuk pasar Indonesia, Epson telah mengeluarkan seri L, khusus untuk Indonesia; di mana printer-printer seri L tersebut telah di pasang sistem infus dengan selang langsung dari pabrik. Dan hasilnya jauh lebih rapi, dan menggunakan tinta khusus dari Epson. Harga per botol per warnanya berkisar 70-100rb. Harga printer L series di kisaran 1.3jt – 2.6jt.

Dan di Epson, satu-satunya merek yang menyediakan printer khusus FOTO dengan tinta 6 warna, dan ada yang hingga 9 warna. Dengan jumlah warna yang tersedia, di jamin hasil cetak foto Anda akan lebih tajam dan murni. Jika keperluan utama Anda di pencetakan yang banyak, sebagian untuk Foto, dan Anda tidak mau repot-repot mengganti cartridge, Epson adalah pilihan yang tepat. Sama hal nya dengan membeli mobil, Epson boleh di golongkan di kelas Toyota Innova, sedangkan lainnya di kelas Toyota Avanza. Epson terkenal lebih tahan banting, dan sanggup untuk daya cetak tinggi. Dengan membeli Epson L100 saja contohnya, Anda dapat mencetak hingga 4000 lembar tanpa mengeluarkan biaya tambahan sama sekali. Jadi, biaya operasional sudah tercover di harga printer saat Anda membeli. Anda langsung mendapatkan 3 botol tinta hitam, dan 1 botol tinta warna di masing-masing warna. Total = 6 botol. Cukup jelas bukan?

Berikutnya…

Laser, merupakan printer yang menggunakan serbuk yang biasanya di panggil: Toner. Hasil cetak sangat padat dan tajam. Tidak bisa pudar. Hanya bisa untuk mencetak di atas kertas biasa, dan sebagian di atas kertas transparancy. Tersedia varian monochrome (hitam saja), dan color laser (warna). Harga tergolong mahal, untuk monochrome printer saja kisaran Rp. 800.000, dan yang multifungsi di atas 1 juta. Penggunaan untuk kantor, pekerjaan profesional, kebutuhan printer cepat dan dalam kuantitas besar. Dapat mencetak 1 lembar dalam beberapa detik saja.

Thermal, merupakan salah satu printer yang menyerupai dot matrix, hanya saja thermal menggunakan tenaga panas untuk mencetak. Jadi tidak di butuhkannya pita/ribbon di sini. Cukup menggunakan kertas khusus untuk thermal printer. Biasanya digunakan untuk printer kasir di mini market, dan sama hal nya dengan printer pada mesin ATM dan mesin Edisi merchant kartu kredit. Hasil cetak dapat memudar setelah sekian waktu. Harga pun tergolong mahal, rata2 di atas 1 juta, dan mencapai 2 juta. Contoh: Epson TM-U220D. Ukuran kecil, dan ukuran kertas pun kecil.

[ad name=”square1″]

Demikianlah beberapa tipe printer dan kegunaannya, beserta kisaran harganya. Semoga membantu Anda mendapatkan gambaran kira-kira printer apa yang anda benar-benar butuhkan dan juga cocok untuk biaya operasionalnya.

One thought on “Tips Memilih/Membeli Printer Sesuai Kebutuhan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *