Perbandingan Tipe dan Merek Processor pada Notebook, Netbook dan PC Anda

Be Sociable, Share!

Saat ingin membeli notebook, netbook atau PC, Anda pasti menanyakan kepada penjual, apa itu Intel Dual Core? Apa itu Intel Core i3? Apa itu Intel Atom? Apa perbedaannya? Dan ada juga processor dengan merek AMD, seperti AMD Athlon, AMD Phenom, dan seterusnya. Mari kita bahas secara ringkas penjelasannya.

Processor merupakan induk dari segala perangkat komputer, lebih jelasnya seperti “Otak” dari sebuah perangkat komputer. Processor yang mengatur segala pengoperasian komputer. Jadi, kenapa processor banyak macam?

Processor di kelaskan berdasarkan berbagai kecepatan dan cores (jumlah mesin yang bekerja). Terdapat beberapa yang umum di merek Intel sebagai berikut:
– Intel Atom
– Intel Dual Core
– Intel Core i3
– Intel Core i5
– Intel Core i7
– Intel Xeon

Daftar processor di atas dikelaskan berdasarkan dari kecepatan terendah hingga tercepat. Khusus Intel Xeon, di kelaskan untuk perangkat Server.

Intel Atom lebih banyak digunakan di netbook berukuran 10″, dan 11″. Dan kini sudah berkembang hingga kelas ke tiga Intel Atom setelah Atom Dual Core N570. Saat artikel ini dibuat, sudah tersedia processor Intel Atom terbaru N2600, N2800 di kelas Sandy Bridge yang jauh lebih cepat dari sebelumnya dan memiliki fitur yang lebih banyak.

Sama halnya dengan Intel Dual Core yang berkembang dari seri T, ke P, dan kini ke B. Intel dual core dikelaskan lebih ke penggunaan kantor, pekerjaan standard, mahasiswa dan pelajar. Tersedia di ukuran 14″, 13″, dan 11″.

Dan melewati Intel Atom dan Dual Core adalah i3, i5 dan i7 di mana lebih ke pengguna yang memerlukan kecepatan yang lebih. Biasanya di keperluan Game, Desain grafis, video editing, programmer, dan bidang lainnya yang lebih memerlukan kecepatan.

Processor dengan beda beda core ini bisa lebih mudah di umpamakan sebagai jumlah mesin yang bekerja. Semakin banyak cores nya, atau semakin tinggi kelasnya, semakin banyak pula mesinnya yang bekerja untuk memenuhi satu pekerjaan.

Semoga dengan artikel ini Anda dapat lebih jelas mengenal tipe tipe processor yang ada pada notebook, netbook dan PC yang ada di pasaran saat ini. Di Indonesia, sebagian merek masih terdapat processor Core 2 Duo, di mana sudah di gantikan dengan Intel Core i3 saat ini. Bagaimana perbedaan kecepatannya? Intel Core 2 Duo lebih cepat dari Intel Atom, dan Intel Dual Core seri P. Begitulah kira kira posisi processor Intel Core 2 Duo saat ini. Jika Anda mencari Intel Core 2 Duo untuk PC, dipastikan hampir sudah tidak ada lagi saat ini, mungkin ada tersisa di Brand lokal beberapa.

Jadi, Anda tinggal mencocokkan kebutuhan Anda dengan tipe processor yang terdapat pada notebook, netbook ataupun PC yang akan Anda beli. Tentunya dengan kecepatan yang lebih, harga pun lebih mahal dan investasi Anda lebih banyak.

Be Sociable, Share!

3 thoughts on “Perbandingan Tipe dan Merek Processor pada Notebook, Netbook dan PC Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>