Consider Replacing Your Battery – Solusi Masalah Baterai pada Notebook

Be Sociable, Share!

Baterai notebook Anda mengeluarkan indikasi Tanda Silang di Status seperti gambar di atas? Di tulis baterai bermasalah, dan segera ganti baterai Anda? Jangan binggung, jangan marah-marah. Bukan salah Anda, bukan salah notebook Anda, bukan juga salah penjual.

Hal ini rata-rata terjadi di notebook yang menggunakan Windows 7, karena di Windows 7 tertanam program untuk mendeteksi kondisi baterai. Tidak 100% kondisi tersebut selalu akurat dan nyata. Kenapa baterainya bisa demikian?

1. Kemungkinan proses pengisian baterai yang tidak optimal (adaptor sering di cabut ketika belum penuh 100%) atau juga penggunaan baterai yang tidak konsisten, dan di gabungkan dengan pengecasan yang tidak penuh.
2. Pemakaian baterai yang berlebihan dan sampai batas maksimal, biasanya pemakaian hingga baterai 0% alias notebook mati, baru di cas lagi.
3. Masalah dari program sensor Microsoft yang “SALAH” mendeteksi kondisi baterai sebenarnya. Terjadi di beberapa seri notebook, dan solusinya menjalankan Windows Update, dan jika Microsoft mendeteksi notebook Anda bagian dari yang bermasalah dengan softwarenya, akan tersedia langsung Update untuk solusinya. Lebih jelasnya di link ini: http://support.microsoft.com/kb/2293330

Jadi, bagusnya bagaimana? Binggung nih. Katanya baterai harus di pakai terus, lantas bagaimana?

Berikut saran dari kami berdasarkan beberapa sumber yang telah kami pelajari: (sebelum mencoba tips di bawah ini, coba update Windows Anda melalui: Windows Update)
1. Jangan menggunakan baterai notebook Anda sampai 0%, apa lagi sampai mati. Usahakan minimal 10%, dan segeralah mencharge kembali baterai Anda.
2. Usahakan agar kondisi baterai tetap terjaga dari debu, dan kelembaban.
3. Jika Anda menggunakan notebook anda untuk jangka waktu lama, disarankan untuk tetap menggunakan Charger supaya baterai tetap awet dan tidak panas.
4. Baterai sekarang sudah Lithium Ion, dan ada sensor otomatis jika baterai sudah penuh, jadi jika baterai sudah penuh, otomatis tidak akan charging lagi, dan sumber listrik akan berpindah ke Listrik otomatis. Jadi baterai tidak akan bengkak seperti jaman dulu.
5. Jangan copot baterai Anda dan menggunakan Charger langsung, karena resiko lonjakan listrik maupun petir akan lebih besar, dan jika terjadi, akan langsung mengenai komponen notebook Anda.
6. Jangan menggunakan Notebook Anda di atas kasur atau bantal di mana panas tidak dapat tersalur keluar, dapat mengakibatkan Overheat. Dianjurkan menggunakan notebook di atas meja datar atau di atas kipas pendingin khusus notebook.
7. Setiap baterai ada batas hidupnya berdasarkan cycle charging dan discharging (berdasarkan jumlah penggunaan). 1 Cycle = 1 kali charge hingga 100%. Jika Anda tidak menggunakan baterai Anda dan disimpan, otomatis baterai tersebut akan berkurang sendiri daya nya. Jadi, sama saja dengan menggunakan atau tidak, Baterai tersebut jika sudah tiba masanya, akan tidak bisa digunakan lagi alias tidak bisa ngecas lagi. Leibh kurang masa hidup baterai bergantung pada penggunaan, lebih kurang 1-2 tahun.

Semoga bermanfaat. Jadi bagaimana jika Baterai Notebook saya sudah keburu Error seperti gambar di atas? Cas baterai Anda, restart dan masuk ke Safe Mode, biarkan hingga baterai kosong sendiri tanpa menggunakan notebook tersebut. Setelah kosong dan notebook sudah Off total, cas hingga penuh dalam kondisi off.

Be Sociable, Share!

102 thoughts on “Consider Replacing Your Battery – Solusi Masalah Baterai pada Notebook”

  1. nurman: penggunaan berapa lama sudah? Biasakan selalu kalau lagi charge, charge hingga 100%, jangan tanggung2 chargenya dalam penggunaan sehari2. KAlau sering charge baterai misalnya sedikit2, ya pasti begini lagi masalahnya. Dan sebulan sekali di kalibrasi dengan memakai hingga habis, dinginkan, dan cas 6-8 jam. speaker mati idup biasa ada yang longgar atau sudah mau rusak.

  2. rosi: bisa jadi baterainya memang sudah tidak ada daya tampungnya. Khususnya jika sering di pakai, dan sudah lewat dari 1 tahun. Rata-rata sudah gak ada charge. Tapi kalau mati terus, coba biarkan sebentar, dan coba hidupkan lagi apa masih bisa hidup?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>